-->

iklan tengah artikel

no-style

Berlatih menerapkan metode SQ3R, kelebihan dan kelemahan metode SQ3R

AESENNEWS.COM
Wednesday, April 26, 2023, 11:25:00 AM WIB Last Updated 2023-04-26T04:26:08Z

AESENENWS.COM - Sebelum pada point pertanyaan tersebut alangkah baiknya saya memaparkan apa itu Teknik penerapan SQ3R dalam memahami suatu yang kita pelajari. Jadi SQ3R adalah sebuah tehknik membaca untuk kita dapat menemukan berbagai macam inti atau pokok dari apa yang kita baca. SQ3R adalah singakatan dari Survey, Question, Read, Recite, dan Review. Membaca menggunakan tehknik tersebut dapat membantu kita untuk lebih bisa memahami lebih dalam apa yang kita baca. Membaca menggunakan tehknik ini biasanya banyak digunakan oleh orang-orang karena dinilai lebih efektif untuk digunakan sebelum acara presentasi atau menghadapi skripsi atau ujian.

SQ3R diantaranya sebagai berikut :

1.      Survey - adalah cara membaca secara singkat keseluruhan dari materi yang akan kita pelajari. Salah satunya melihat daftar isi agar mengetahui daftar bacaan yang akan kita baca.

2.      Qiestion – adalah Teknik membaca dari SQ3R yang dilakukan setelah survey, dimana kita melakukan penyusunan untuk membuat pertanyaan yang mendasar pada materi yang kita baca. – misal kita melakukan pertanyaan, bagian ini membahasa tentang apa?.

3.      Read – adalah Teknik membaca yang berfokus pada inti dari materi dengan menentukan sub-sub tema, point-point pada materi tersebut. Pada Langkah ini kita membaca secara aktif dan teliti. – misalnya kita mencari jawaban dari pertanyaan yang sudah kita buat sebelumnya.

4.      Recite – adalah kegiatan yang mendasarkan pada riset atau menuliskan ulang materi yang kita baca dengan menggunakan bahasa kita sendiri apa yang kita dapatkan pada materi tersebut. – misalnya kita tanyakan kepada diri kita aoa yang sudah kita baca saat ini dengan memakai bahasa sendiri.

5.      Review – adalah kegiatan terakhir dari tehknik ini yaitu megulang Kembali materi pembacaan secara keseluruhan agar kita dapat memperjelas point-point yang kita dapatkan dari materi yang kita baca. – misalnya kumpulkan semua jawaban dari pertanyaan yang sudah dibuat, dan baca Kembali jawaban tersebut dan kita ulang Kembali keseluruhan materi.

Setelah saya memahami dan menerapkan membaca menggunakan tehknik SQ3R ini saya mendapatkan kemudahan untuk dapat memahami apa yang menjadi bahan bacaan saya, mampu menentukan point-point penting didalam bacaan tersebut. Sebelum saya membaca secara keseluruhan saya bisa melakukan survey terlebih dahulu apa yang harus saya baca, jika sudah melakukan survey, kemudian membuat sebuah pertanyaan agar menjadi acuan pada saat membaca secara keseluruhan dan melakukan riset serta mengulas Kembali agar saya dapat memahami ulang materi yang di baca.

Yang saya peroleh dari membaca menggunakan Teknik SQ3R adalah mampu menguasai materi yang saya baca secara keseluruhan, karena memang efektif membaca dengan tehknik SQ3R ini, jadi tidak hanya sekali baca, tapi kita mengulang beberapa kali dan menentukan hal penting didalamnya. Sehingga membuat saya faham akan materi tersebut. Namun jika kita meninjau tehknik ini ada beberapa kelebihan dan kelemahannya diantarnya sebagai berikut ini :

2. Kelebihan membaca menggunakan Teknik SQ3R

a. kita diarahkan agar terbiasa berfikir secara aktif akan materi yang kita baca sehingga lebih faham

b. dapat meningkatkan kita dalam terampil membaca.

c. menjadikan beajar lebih efektif dan berstruktur atau tidak asal baca.

d. memudahkan kita untuk menentukan inti dari materi pembacaan tersebut.

Kelemahan membaca menggunakan Teknik SQ3R
a. tidak cocok digunakan dalam situsi  banyak orang sebab tehknik ini perlu konsentrasi yang tinggi.

b. tidak cocok jika membaca bersama atau kerja kelompok.

c. akan memakan waktu yang sedikit lama ketimbang membaca biasa.

 


Komentar

Tampilkan

  • Berlatih menerapkan metode SQ3R, kelebihan dan kelemahan metode SQ3R
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x