-->

iklan tengah artikel

no-style

Sebutkan perangkat lunak antiplagiasi? Bagaimana cara kerja plagiasi?

AESENNEWS.COM
Friday, May 19, 2023, 11:49:00 AM WIB Last Updated 2023-05-19T04:49:28Z

AESENNEWS.COM - seperti yang kita ketahui bahwa perangkat lunak antiplagiasi Terdapat dua jenis perangkat lunak, yang fungsinya untuk mencegah atau memeriksa plagiasi terhadap sebuah jurnal ataupun karya ilmiah yang ditulis oleh seseorang atau mahasiswa, diantaranya yaitu Reference Management Software (RMS) dan Anti Plagiasirium Software. RMS adalah perangkat lunak yang membantu peneliti atau penulis dalam mengelola dokumen referensi (buku,artikel,bab buku,dll.). RMS mengelola referensi dan dokumen digital dengan cara membantu peneliti dan penulis menemukan, mencari, menyimpan, dan menelusuri ulang metadata (judul,penulis,tahun penerbitan,penerbit dan lainnya) sesuai dengan kebutuhan, salah satu perangkat lunak RMS adalah mendeley. Sedangkan anti-plagiarism software adalah perangkat lunak yang mencari di dalam web untuk memeriksa duplikat dari konten tekstual. Software ini dapat berupa aplikasi yang berdiri sendiri yang diinstal di computer pengguna atau fungsi situs web, seperti www.turnitin.com. Banyak universitas menggunakan perangkat lunak anti-plagirsime untuk menentukan apakkah mahasiswa telah menyalin karya orang lain, dan bagi penulis menggunakannya untuk melihat apakah orang lain menggunakan karya mereka. Jadi, Reference Management Software (RMS) digunakan untuk mencegah plasiarisme dengan mengelola referensi untuk sebuah karya ilmiah, juga berfungsi untuk mengelola situasi. Sedangkan anti – plagiarism Software digunakan untuk memeriksa sebuah karya ilmiah apakah melakukan plagiasi atau tidak.

 

2. Bagaimana cara kerja plagiasi?

Reference Management Software (RMS) dan Anti Plagiarism Software dalam penggunanya adalah menggunakan teknlogi text-minning. Text minning adalah proses pengambilan data tekstual secara digital yang sumber datanya biasanya diambil dari sebuah dokumen yang akan dicek, tujuannya adalah untuk menemukan dan memperoleh informasi mengenai kata – kata yang dapat menggambarkan isi sebuah dokumen sehingga dapat melakukan analisis dan konektivitas antar dokumen. oleh karena itu sumber data yang digunakan text minning adalah kumpulan text yang tidak terstruktur atau setidaknya semi terstruktur. 

berikut adalah cara saya menggunakan salah satu software dari anti-plagiasi yang satu ini yaitu www.turnitin.com. Cara kerja Turnitin adalah dengan membandingkan kesamaan kata, frase atau kalimat dalam artikel dengan deskripsi lain di web atau database Turnitin. Jika font yang kita ulas mirip dengan font di databasenya, Turnitin akan menyorot kata atau frasa yang sama sebagai kesamaan. Hasil kemiripan ini bersifat kumulatif menjadi nilai indeks kemiripan yang ditampilkan dalam bentuk persentase. Semakin tinggi persentasenya, semakin mirip tulisan kita dengan karya tulis lainnya.

Berikut saya jelaskan bagaimana cara menggunakan Turnitin : 

  • Langkah pertama kunjungi website Turnitin di turnitin.com.
  • Setelah membuka beranda, masuk dengan akun Turnitin Anda dan tentu saja akun siswa Anda.
  • Kemudian masukkan Turnitin.
  • Untuk mengunggah file, klik menu Kirim di sebelah kanan.
  • Mengklik menu Kirim secara otomatis mengalihkan halaman ke kotak dialog Upload File Tunggal yang berisi ID dokumen. Anda harus mencantumkan nama dan judul kiriman Anda. 
  • Di bawah ini, Anda dapat menggunakan menu Pilih dari komposisi ini untuk memilih dokumen yang akan diunggah. Dokumen dapat diambil dari tiga media penyimpanannya: komputer, Google Drive atau Dropbox.
  • Setelah file dipilih, klik menu Up dan tunggu beberapa saat, file akan berhasil terupload.
  • Jika upload file berhasil, anda bisa klik menu Confirmation (berwarna biru) untuk kembali ke menu Task List. 
  • Tunggu sementara dokumen diperiksa sampai persentase muncul.
  • Setelah file diperiksa, Anda dapat melihat hasilnya dengan mengklik menu Lihat. Tampilan Tampilan memungkinkan anda melihat bagian mana yang telah ditandai sebagai plagiarisme atau identik dengan sumber lain. 
  • Kesamaan kata, frasa, atau sumber harus segera diperbaiki. Ganti saja dengan kalimat baru atau ubah struktur kalimatnya

 

3. Berlatih parafrasa.

a. Kutipan Kesatu.

Kutipan Peneliti = Persoalan pemartabatan bahasa dan sastra Indonesia dari tahun ke tahun senantiasa selalu berubah sesuai dengan perkembangan dan tuntutan masyarakat. 

Parafrasa = Masalah martabat bahasa dan sastra di Indonesia setiap tahunnya selalu mengikuti dan beradaptasi dengan perkembangan sosial masyarakat.


b. Kutipan Kedua.

  • Kutipan Peneliti = Persolan yang cukup mendasar terkait dengan pemartabatan bahasa antara lain, kehidupan masyarakat Indonesia telah berubah baik sebagai akibat tatanan kehidupan dunia yang baru, seperti pemberlakuan pasar bebas dalam rangka globalisasi, akibat perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat maupun pemberlakuan otonomi daerah.
  • Parafrasa = Pada dasarnya, masalah berkaitan dengan martabat bahasa termasuk kehidupan sosial Indonesia yang telah berubah menjadi lebih baik dari tatanan dunia baru seperti Implementasi berurutan dari pasar bebas akibat globalisasi, perkembangan teknologi juga informasi yang sangat cepat serta pelaksanaan otonomi daerah.

c. Kutipan Ketiga.

  • Kutipan penulis = Penelitian tentang media luar ruang pada hakikatnya memiliki banyak aspek yang bisa diteliti, seperti kesalahan berbahasa, analisis wacana, dan sebagainya.
  • Parafrasa = Penelitian Lingkungan Luar Ruangan sebenarnya memiliki banyak aspek yang dapat diteliti, seperti kesalahan berbahasa, analisis wacana, dll.


d. Kutipan Keempat.

  • Kutipan peneliti = Unsur kebahasaan yang sering terjadi kesalahan berbahasa dalam media luar ruang yaitu kesalahan pada aspek pemakaian tanda baca.
  • Parafrasa = Unsur kebahasaan yang sering terjadi kesalahan adalah penggunaan tanda baca. 


e. Kutipan Kelima.

  • Kutipan peneliti = Peneliti ingin menyampaikan perihal penggunaan bahasa Indonesia yang tepat dalam proses komunikasi tulis melalui media luar ruang.
  • Parafrase = Peneliti ingin melaporkan bagaimana proses penggunaan bahasa Indonesia yang baik dalam komunikasi tertulis di media luar ruang.


Sumber Rederensi : 

1. http://kit.ft.ugm.ac.id/sp/subjects/guide.php?subject=rms
2. https://xerpihan.id/blog/2864/apa-itu-turnitin-dan-cara-kerja-turnitin/
3. https://ejournal.upi.edu/index. php/BS_JPBSP/article/view/6963/pdf

 


Komentar

Tampilkan

  • Sebutkan perangkat lunak antiplagiasi? Bagaimana cara kerja plagiasi?
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x