-->

iklan tengah artikel

no-style

Tekab 308 Presisi Polres Tulang Bawang Tangkap Pelaku Curat Yang Sudah Tiga Kali Jadi Residivis

Aesennews Lampung
Friday, October 20, 2023, 6:42:00 PM WIB Last Updated 2023-10-20T11:42:46Z

AESENNEWS.COM, Lampung - Tekab 308 Presisi Polres Tulang Bawang, Polda Lampung bersama Polsek Menggala menangkap pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan (curat) yang sudah tiga kali menjadi residivis kasus serupa.


Pelaku curat yang ditangkap ini seorang pria berinisial AI als PI (36), berprofesi swasta, warga Jalan III Kibang, Kelurahan Menggala Tengah, Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulang Bawang.


"Hari Kamis (19/10/2023), sekitar pukul 21.00 WIB, petugas kami bersama Polsek Menggala menangkap pelaku tindak pidana curat yang terjadi di Jalan I Kibang, Kelurahan Menggala Tengah. Pelaku ini ditangkap saat sedang berada di Jalan Mega, Kelurahan Ujung Gunung, Kecamatan Menggala," kata Plt. Kasat Reskrim, Ipda Sobrun, SH, MH, mewakili Kapolres Tulang Bawang, AKBP Jibrael Bata Awi, SIK, Jum'at (20/10/2023).


Lanjutnya, pelaku yang ditangkap tersebut merupakan residivis kasus curat sebanyak tiga kali, yakni tahun 2014, tahun 2018, dan tahun 2021. Semua hukuman sudah dijalani oleh pelaku di rumah tahanan (Rutan) Kelas II B Menggala.


"Adapun barang bukti (BB) yang disita oleh petugas kami dalam pengungkapan kasus curat ini berupa handphone (HP) android merek Oppo A17 warna biru laut milik korban Ari Wibowo (37), berprofesi wiraswasta, warga Kampung Karya Murni Jaya, Kecamatan Banjar Baru, Kabupaten Tulang Bawang," papar perwira dengan balok kuning satu dipundaknya.


Plt. Kasat Reskrim menjelaskan, menurut keterangan dari korban, aksi tindak pidana curat yang dilakukan oleh pelaku terjadi hari Selasa (12/09/2023), sekitar pukul 04.00 WIB, di rumah teman korban yang berada di Jalan I Kibang, Kelurahan Menggala Tengah.


"Sebelum kejadian curat, sekitar pukul 03.00 WIB, korban masih menggunakan HP miliknya untuk menelpon saudaranya, karena sudah mengantuk korban pun tertidur dengan posisi HP terletak di atas bantal sebelah kiri. Sekitar pukul 05.00 WIB, korban terbangun karena mendengar adzan subuh dan HP miliknya sudah hilang. Korban pun bertanya kepada temannya dan temannya tidak melihat, korban lalu memeriksa kondisi rumah dan ternyata pintu belakang rumah bagian dapur sudah terbuka," jelasnya.


Korban pun berfikir bahwa HP miliknya telah dicuri oleh seseorang. Akibat kejadian curat ini korban mengalami kerugian yang ditaksir sebesar Rp 2 juta dan langsung melaporkannya ke Mapolres Tulang Bawang.


Ipda Sobrun menambahkan, berkat keuletan dan kegigihan petugas di lapangan, pelaku akhirnya ditangkap dengan BB berupa HP android merek Oppo A17 warna biru laut. Pelaku saat ini masih dilakukan pemeriksaan secara intensif di Mapolres Tulang Bawang.


"Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku akan kami kenakan Pasal 363 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan. Diancam dengan pidana penjara paling lama 7 tahun," imbuhnya (red).

Komentar

Tampilkan

  • Tekab 308 Presisi Polres Tulang Bawang Tangkap Pelaku Curat Yang Sudah Tiga Kali Jadi Residivis
  • 0

Terkini

.

Topik Populer

kiri kanan iklan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS

Iklan

Close x