-->

iklan tengah artikel

no-style

Desa Rulung Raya Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Terus Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Dengan Program Ketahanan Pangan 2022

Aesennews Lampung
Monday, August 29, 2022, 7:57:00 PM WIB Last Updated 2022-08-29T13:01:31Z

 

Aesennews.com, Lampung - Prioritas penggunaan Dana Desa tahun anggaran 2022 sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa adalah termasuk dalam kategori priotitas yang diarahkan bagian program prioritas nasional sesuai Kewenangan Desa dalam rangka untuk mewujudkan Desa tanpa kelaparan.


Pasal 5 Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian APBN Tahun 2022 disebutkan, Dana Desa penggunaannya antara lain untuk program ketahanan pangan dan hewani, paling sedikit 20 persen. Ketahanan pangan itu dapat diartikan tersedianya pangan, akses pangan dan pemanfaatan pangan. Maka dalam konteks penggunaan Dana Desa bisa dimaksimalkan untuk pemanfaatan dan tersedianya pangan.


Dusun Purwodadi merupakan salah satu dari delapan Dusun di Desa Rulung Raya Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan melakukan Pengadaan Ternak Kambing kepada masyarakatnya. Kepala Dusun Purwodadi Agus Wahyudi mengatakan, dengan adanya program ketahanan pangan pemeliharaan ternak kambing ini. Masyarakat dusun yang tinggal disini (Purwodadi-red) merasa terbantu dan bangga memiliki Kepala Desa yang selalu memikirkan perekonomian masyarakatnya.


Hal senada juga disampaikan salah seorang warga setempat yang juga menjadi peternak kambing Program Ketahanan Pangan, agung budiono mengatakan merasa senang dan bisa memelihara kambing dengan harapan dapat membudidayakan ternaknya sebanyak mungkin. Dengan adanya Program Ketahanan Pangan, dirinya mempunyai kesempatan meningkatkan Perekonomian kelurga, tambah agung.


Kasi Kesra Desa Rulung Raya Abel Islami menyampaikan, Sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan Dana Desa Pasal 34 ayat (2), bahwa Pemerintah Desa menganggarkan kegiatan ketahanan pangan dan hewani sesuai dengan karakteristik dan potensi Desa. "Nah di Desa kita ini (Rulung Raya-red) melimpah rumput yang hijau dan sangat cocok untuk ternak hewan seperti sapi/kambing, ucap Abel kepada wartawan aesennews.com saat ditemui sedang mengunjungi seorang warga peternak kambing senin, 29/8/2022 sore sekitar pukul 15.30 wib.


"Sesuai arahan Pak Kepala Desa (Kades) Rulung Raya, setiap bulan kita selalu kontrol peternak yang mendapat kambing - kambing tersebut," Jelas abel. Hal ini untuk memastikan apakah ada kendala atau hambatan bagi warga peternak kambing, Terangnya. Dia juga mengingatkan kepada warga yang mendapat kesempatan ternak kambing supaya benar - benar menjaga ternaknya, agar warga yang lain bisa merasakan semua hasil dari Kegiatan Program Ketahanan Pangan ini.


Program Ketahanan Pangan di Desa Rulung Raya merupakan kegiatan guna meningkatkan perekonomian masyarakat, bukan hanya ternak bahkan saat ini Kepala Desa memprioritaskan semua peningkatan jalan delapan dusunnya agar jalur pertanian masyarakat saat memanen hasil bumi dan transportasinya bisa lebih mudah tanpa kendala, tutup abel.

(Putra-red)

Komentar

Tampilkan

  • Desa Rulung Raya Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Terus Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Dengan Program Ketahanan Pangan 2022
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x