-->

PJ Bupati Purwakarta

#'

no-style

Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menggunakan generasi terbaru CR400AF. Memiliki panjang trase 142,3 km yang terbentang dari Jakarta hingga Bandung

AESENNEWS.COM
Monday, October 9, 2023, 5:50:00 PM WIB Last Updated 2023-10-09T10:50:42Z
AESENNEWS.COM, Tut tut tut siapa hendak turut ke Bandung Surabaya sepenggal lirik lagu anak-anak ini menggambarkan senangnya naiik kereta api. Betapapun kereta api ketika lagu ini dicipta mungkin masih menggunakan baghan bakar batu bara yang asapnya mengepul membubung tinggi. 

Namun demikian tetap kereta api adalah moda transportasi yang menyenangkan, karena tepat waktu dan bermuatan penumpang masal. 

Bicara enaknya kereta api, para Wartawan yang tergabung di wadah Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia (PEWARNA), Sabtu 7 Oktober 2023 diberikan kesempatan menjajal kereta cepat KCIC yang baru saja diresmikan presiden Joko Widodo. 

Kereta cepat Indonesia China (KCIC) yang menempuh rute Jakarta Bandung yang dimulai dari stasiun Halim Jakarta hingga stasiun Tegal Luar Bandung saat ini sedang berbenah diri untuk sarana dan prasarana penunjangnya. Hal itu masih terlihatnya para pekerja yang masih hilir mudik menata taman, took-toko dan beberapa ruang yang dipakai awak kereta api. 

 Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menggunakan generasi terbaru CR400AF. Memiliki panjang trase 142,3 km yang terbentang dari Jakarta hingga Bandung, Kereta Cepat Jakarta-Bandung memiliki  empat stasiun pemberhentian Halim, Karawang, Padalarang, Tegalluar dengan satu depo yang berlokasi di Tegalluar. Setiap stasiun akan terintegrasi dengan moda transportasi massal di setiap wilayah.

Dengan kecepatan hingga 350 km/perjam jarak tempuh hanya sekitar 45 menit saja. Dengan kecepatan tersebut ada salah satu teman wartawan yang mengatakan rasanya baru duduk kok sudah sampai. KCIC sekalipun banyak dihujat oleh para oknum pembenci Jokowi, namun ini sebuah terobosan yang baru bagi perkereta apian Indonesia. Bahkan ini kereta cepat pertama kali setelah menunggu sekian tahun padahal di beberapa negara Asia sudah memiliki puluhan tahun yang lalu. 

Perlu diketaui bahwa tariff yang direncanakan antara 250 hingga 300 ribu tak rugi apalagi bagi kaum pengusaha muda dengan padatnya jadwal meeting tentu sangat membantu membagi waktu. 
Perjalanan kereta yang nyaman bahkan seakan kayak namanya Woosh KCIC memang benarbenar wes wes cepat dan nyaris tak terdengar suaranya.
Komentar

Tampilkan

  • Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menggunakan generasi terbaru CR400AF. Memiliki panjang trase 142,3 km yang terbentang dari Jakarta hingga Bandung
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x