-->

iklan tengah artikel

no-style

Profil Kombes Hengki Haryadi

Aesennews Lampung
Sunday, October 15, 2023, 9:56:00 PM WIB Last Updated 2023-10-15T15:06:06Z

AESENNEWS.COM, Lampung - Kombes. Pol. Hengki Haryadi, S.I.K., M.H. adalah seorang perwira menengah Polri yang sejak 13 April 2022 mengemban amanat sebagai Direktur Reserse Kriminal umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya.


Dirangkum dari berbagai sumber, media aesennews.com mengetahui Hengki Haryadi dilahirkan di Palembang pada tanggal 16 Oktober 1974.


Hengki Haryadi merupakan putra dari pasangan R. Tjoek Soekotjo dan Sri Murtini. Ia menempuh pendidikan dasar di SD Xaverius Metro, lalu melanjutkan ke pendidikan menengah pertama di SMPN 1 Metro dan lulus pada tahun 1987.


Ia menjadi salah satu perwakilan siswa SMA Taruna Nusantara asal Lampung dan menyelesaikannya pada tahun 1993 (TN-1).


Hengki kemudian masuk di Akademi Kepolisian pada tahun 1993 dan lulus di tahun 1996.


Pada saat bersekolah di SMA Taruna Nusantara, ia merupakan salah satu Purna Paskibraka Indonesia (PPI) tahun 1991.


Dalam pengibaran bendera merah putih dalam rangka hari kemerdekaan 17 agustus di Istana Negara pada tahun 1991 Hengki terpilih sebagai Komandan Kelompok 8, tim inti yang bertugas mengibarkan sang Merah-Putih.


Hengki bertemu dengan Duma Intan Karenina (istri) dan kemudian menikah, dikarunai 4 orang anak yaitu 1 laki-laki dan 3 perempuan.


Hengki dikenal luas sebagai perwira yang sangat anti terhadap aksi premanisme.


Berbagai penugasan juga dijalankan hingga mendapat banyak pengungkapan yang di selesaikan terutama pada tindak kejahatan Pidana umum (krimum), Tindak Pidana Khusus (krimsus) hingga Narkoba.


Jabatan pimpinan yang diemban oleh Hengki pertama kali dirasakannya di kampung halamannya, yaitu Lampung. Jabatan pertamanya itu adalah Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Tulangbawang.


Setelah itu, Hengki dipindahtugaskan menjadi Kapolsek Teluk Betung Selatan, lalu berpindah tugas lagi menjadi Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung dan terakhir memegang jabatan Kanit Jatanras Polda Lampung.


Mulai 2010, Hengki bertugas di Kota Metropolitan DKI Jakarta. Jabatan pimpinan pertamanya di Jakarta adalah Kapolsek Metro Gambir.


Tak lama dari situ, dia menjadi Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat , lalu menjadi Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat.


Pada momen menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, Hengki harus berhadapan dengan preman kelas kakap, Rosario de Marshall atau akrab dikenal dengan nama Hercules. Hercules dan kawanannya kerap memeras dan melakukan tindakan kekerasan kepada masyarakat di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.


Usai berhadapan dengan Hercules, Hengki mengungkap kasus-kasus narkoba mulai dari jenis ekstasi, sabu dan ganja. Mulai dari yang dibuat secara rumahan hingga terhubung dengan jaringan internasional.



Menjadi Kapolres Metro Jakarta Pusat,



Pada tanggan 16 November 2020, Hengki Haryadi yang semula menjabat sebagai analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Polri ditunjuk oleh Kapolri Jenderal Idham Azis sebagai Kapolres Metro Jakarta Pusat menggantikan Kombes Polisi Heru Novianto.


Selama menjabat, Hengki berhasil mengungkap kasus peredaran narkoba 400 kg sabu sindikat timur tengah.



Menjadi Dirreskrimum Polda Metro Jaya,



Hengki Haryadi resmi mengemban tanggung jawab baru sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya pada tanggal 13 Mei 2022, selama menjabat Hengki banyak menyelesaikan kasus-kasus besar, diantaranya:

- Penangkapan tokoh utama dan jaringan khilafatul muslimin yang secara clandestein bercita cita merubah pancasila dan UUD 45,

- Memberantas mafia tanah yang melibatkan para pejabat BPN,

- Mengungkap sejumlah kasus seperti pembunuhan berencana, serta kasus mutilasi, hingga menyelusuri kasus kematian 4 keluarga di kalideres,

- Dan juga pernah selama hampir 14 hari mengungkap kasus pencurian yang didominasi kasus pencurian bermotor dan lain lain dengan total tersangka 164 tersangka melalui operasi sikat jaya.



Riwayat jabatannya:


- Pamapta II Polres Dili (1997),

- Kasat Lantas Polres Manatuto (1998),

- Kasat Lantas Polres Dili (1999),

- Wakapolsek Lengkong (1999),

- Kasat Lantas Polres Garut (2001),

- Pama Polda Lampung (2002),

- Kasat Reskrim Polres Tulangbawang (2004),

- Kapolsek Telukbetung Selatan (2005),

- Kasat Reskrim Poltabes Bandar Lampung (2006),

- Kanit III Sat I Dit Reskrim Polda Lampung (2008),

- Pamen Polda Metro Jaya (2010),

- Kasubbag Kermalat Bagbinlat Ro Ops Polda Metro Jaya (2010),

- Kapolsek Metro Gambir (2011),

- Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat (2011),

- Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat (2012),

- Kapolres KP3 Tanjungpriok (2014),

- Wadirreskrimsus Polda Metro Jaya (2016),

- Kasubdit I Dittipideksus Bareskrim Polri (2017),

- Kapolres Metro Jakarta Barat (2017),

- Analis Kebijakan Madya bidang Pideksus Bareskrim Polri (2019),

- Kapolres Metro Jakarta Pusat (2020),

- Dirreskrimum Polda Metro Jaya (2022).

Komentar

Tampilkan

  • Profil Kombes Hengki Haryadi
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x