-->

iklan tengah artikel

no-style

GAMKI Kenang Lima Kader Brigade Serba Guna yang Gugur dan Dimakamkan di TMP Kusuma Bhakti Surakarta

AESENNEWS.COM
Saturday, November 25, 2023, 7:54:00 AM WIB Last Updated 2023-11-25T00:54:26Z
AESENNEWS.COM - Dalam rangka pengaktifan kembali lembaga Brigade Serba Guna (Brigsena), Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek), Latihan Dasar (Latsar), serta Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Instruktur-Komando Brigsena kepada pengurus dan anggota GAMKI di berbagai daerah. 

"Sesuai Keputusan Kongres XII GAMKI pada bulan Mei 2023 di Kota Ambon, kami diwajibkan untuk mengaktifkan kembali Brigsena GAMKI. Untuk melakukan langkah percepatan, DPP GAMKI telah merencanakan rangkaian kegiatan Bimtek, Latsar, dan Diklat Instruktur-Komando, di berbagai daerah," kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GAMKI Sahat Martin Philip Sinurat di Jakarta, Minggu, 19 November 2023. 

Kegiatan pertama Latsar Brigsena GAMKI telah dilaksanakan pada tanggal 9 - 12 November 2023 di Jawa Tengah serta diikuti puluhan orang anggota Brigsena dari Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. 

"Giat Brigsena di Jawa Tengah diawali dengan Refleksi Hari Pahlawan dan Tabur Bunga kepada Anggota Brigsena GAMKI pada Kamis, 9 November 2023 di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti, Kota Surakarta," ujar Sahat. 

Sahat menjelaskan, di TMP Kusuma Bhakti terbaring lima jasad anggota Brigade Serba Guna (Brigsena) GAMKI yang turut serta berjuang menegakkan Pancasila, khususnya di bumi Surakarta. Kelimanya wafat pada tanggal 9 Februari 1966. 

"Kelima anggota tersebut adalah Soedarjono, Oei Bing Hap, Juli Tan Ping Kiat, Soepardi, dan Rismanto. Pada waktu itu, mereka tergabung dalam HANRA atau Perkumpulan khusus Bela Negara KODYA SURAKARTA. Ini menunjukkan bahwa Brigsena GAMKI telah ada dan mengabdi bagi Ibu Pertiwi sejak puluhan tahun lalu," jelas Sahat. 

Secara khusus, bunga ditaburkan di atas kuburan kelima anggota BRIGSENA GAMKI tersebut untuk mengenang jejak kepahlawanan dan keserbagunaan kader-kader GAMKI. 

"Selanjutnya, kita melaksanakan kegiatan Bimtek, Latsar, dan Diklat di Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, bekerjasama dengan pemateri dan pelatih dari TNI dan Kemendagri. Selama tiga hari, peserta diberikan materi berupa pendidikan bela negara, ideologi, nilai-nilai kepemimpinan Kristen, karakter dan mental, teknik pengamanan, kesehatan lapangan, serta materi lainnya," terang Sahat. 

Ketum DPP GAMKI Sahat MP Sinurat mengatakan latsar dilaksanakan sebagai salah satu kegiatan Brigsena untuk membentuk kader-kader yang serba guna, tanggap lapangan, dan mampu menjaga nilai-nilai kebangsaan, toleransi, keamanan dan kedamaian bangsa Indonesia. 

"Tanggal 24 - 26 November 2023 kita akan mengatakan Latsar dan Apel Siaga Nasional Brigsena GAMKI di Toraja Utara, yang akan dihadiri ribuan orang. Kemudian di minggu berikutnya, Latsar akan dilaksanakan di Jakarta, dan begitu selanjutnya di daerah-daerah lainnya di Indonesia," pungkas Sahat.
Komentar

Tampilkan

  • GAMKI Kenang Lima Kader Brigade Serba Guna yang Gugur dan Dimakamkan di TMP Kusuma Bhakti Surakarta
  • 0

Terkini

.

Topik Populer

kiri kanan iklan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS

Iklan

Close x