-->

PJ Bupati Purwakarta

#'

no-style

PKM Kecamatan Bojong Laksanakan Fogging Tindaklanjut Kasus DBD Di Wilayahnya

Wednesday, January 31, 2024, 2:20:00 PM WIB Last Updated 2024-01-31T07:20:14Z
AESSENNEWS, PANDEGLANG -Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Kecamatan Bojong melakukan kegiatatan Fogging di wilayah yang terdapat kasus DBD ,Fogging yaitu pengasapan untuk membunuh nyamuk dewasa. Fogging tidak dianjurkan karena selain memicu resistensi vektor, yaitu nyamuk yang menularkan penyakit akibat dari pengasapan. “Fogging yang terlalu fokus juga dianggap dapat mencemari lingkungan, dan berisiko menyebabkan keracunan insektisida pada penduduk sekitar.

Aang Fahroji bagian DBD kita temui di lokasi yang sedang melakukan fogging sesuai permintaan pihak desa yang terdapat kasus DBD ,hari ini di Kp.Mekarsari Desa Mekarsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Rabu (31/01/2024)

"Hari ini kita melakukan fogging sesuai permintaan pihak desa yang sudah terdapat kasus DBD, jika 1 kasus maka akan di adakan fogging sebanyak 20 rumah dalam satu RT ,selanjutnya kelipatan tergantung banyaknya kasus DBD di lingkungan tersebut", jelasnya.

"Yang sudah mengajukan permintaan  fogging baru tiga desa ,Desa Mekarsari ,Desa Cahayamekar, Desa Bojong. Karena jika tidak sesuai permintaan, takutnya warga setempat menolak." Pungkasnya

Dalam waktu yang sama Kepala Puskesmas Bojong Ita Rosiawati Dalam pesan nya melalui aplikasi Whatsup memaparkan perihal kegiatan pelaksanaan fogging ini di lakukan untuk menindaklanjuti banyaknya kasus DBD di wilayah Kecamatan Bojong Kabupaten Pandeglang.

"Menindaklanjuti banyaknya kasus demam berdarah di Kecamatan Bojong, dimana data kasus DBD bulan januari sebanyak 16 kasus, adapun  langkah-langkah yang dilakukan oleh puskesmas bojong : 1.Penyuluhan tentang pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan melakukan gerakan 3 M (mengubur barang-barang bekas yang bisa menampung air, menguras dan membersihkan tempat penampungan air, menutup dengan rapat tempat penyimpanan air)
2.Melakukan fogging atau
 Penyemprotan menggunakan peptisida murni untuk membunuh serangga/ nyamuk dewasa supaya tidak menularkan kepada yang lain." Paparnya.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan diatas angka kasus DBD tidak bertambah lagi," Tutup Kepala Puskesmas Bojong

Reporter : Nunaesih
Komentar

Tampilkan

  • PKM Kecamatan Bojong Laksanakan Fogging Tindaklanjut Kasus DBD Di Wilayahnya
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x