-->

iklan tengah artikel

no-style

Desa Cijaya Jalankan Progam Ketahanan Pangan Beternak Hewan Kerbau

Tuesday, April 16, 2024, 7:04:00 PM WIB Last Updated 2024-04-16T12:05:26Z

AESENNEWS COM -Purwakarta-Ketahanan Pangan yang diatur dalam peraturan Menteri Desa PDTT nomor 8 tahun 2022 tentang Prioritas penggunaan Dana Desa tahun anggaran 2023. Pasal 6 ayat (2) Penggunaan Dana Desa untuk program prioritas nasional sesuai kewenangan Desa, yaitu ketahanan pangan nabati dan hewani.


Dalam mejudkan program ini Pemerintah Desa Cijaya Kec Campaka Purwakarta ini melalui kelompok ternak Pelita jaya pokus beternak dan pembesaran hewan kerbau.
Kepala Desa cijaya Tri sutisna kades 3 Priode yang sering disapa dengan sebutan Lurah Oyok ini menuturkan ke awak media AESENNEWS COM ketika ditemui di lokasi ternakNya mengatakan" Kelompok ternak yang dibentuk ini yang diberi nama kelompok ternak Pelita jaya berasal dari anggaran dana Desa tahun 2023, dengan penyertaan modal awal adalah 7 ekor kerbau dengan harga kerbau per/ekornya  Rp 24 jt, berat sedang atau kerbau remaja,  di gembalakan di areal yang luas lahanya sekitar 4 H, serta dibuatkan kandang yang bisa menampung 30 ekor kerbau, serta dibuatkan kolam untuk berendam didalam kandang disesuaikan dengan kebiasaan hewan teraebut.


lanjut Oyok disamping Kelompok ternak yang memiliki 7 ekor kerbau saya selaku Pribadi juga ikut beternak kerbau sebanyak 15 ekor, dengan adanya penambahan populasi kerbau ini kami sepakat sistim bagi hasil untuk menambah pendapatan kelomlok ternak yang dibina oleh Pemerintahan desa. 
Alhamdulillah kalau ada rejeki dari Usaha saya yang lain saya selalu menambahkan jumlah kerbau ini, Insya Allah besok hari Rabu rencananya kerbau saya akan bertambah indukan 2 ekor lagi dengan asumsi per ekornya Rp 27 juta yang sudah saya pesan dari pasar hewan Plered Ucap kades.

Selain tempat yang memadai untuk beternak. Hewan kerbau ini kami pilih karena di Desa kami ini iklim sangat  cocok serta kesedian Pakan ternak melimpah, disamping hewan kerbau, saya juga beternak hewan kambing dikandang yang berbeda dengan jumlah populasi kambing 24 ekor.
dari kecil saya emang senangnya beternak dan jadi pengembala hewan dan bertani, karena orang tua saya juga Propesinya dulu bertani dan beternak, dan kegiatan sperti ini adalah Hobi saya dari kecil, setelah jam kerja dikantor desa kalau tidak ada kegiatan diluar saya ikut mengembala kerbau dan kambing serta mencari rumput untuk pakan hewan-hewan tersebut tutup Oyok.


penulis : ( Alexskj123 )
Komentar

Tampilkan

  • Desa Cijaya Jalankan Progam Ketahanan Pangan Beternak Hewan Kerbau
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x