-->

iklan tengah artikel

no-style

Peluncuran Sertipikat Elektronik di Kota Probolinggo

Monday, May 27, 2024, 11:24:00 PM WIB Last Updated 2024-05-27T16:24:52Z


AESENNEWS.COM PROBOLINGGO -Pemerintah Kota Probolinggo memberikan apresiasi dan dukungan penuh kepada Kantor Pertanahan Kota Probolinggo atas peluncuran Implementasi Sertipikat Elektronik yang berlangsung di Kantor BPN pada Senin (27/5). 


Asisten Pemerintahan, Madihah, yang hadir dalam acara tersebut, menyatakan bahwa Pemerintah Kota siap berkolaborasi dengan Kantor Pertanahan dalam pemutakhiran data Nomor Induk Penduduk (NIK) agar terintegrasi dengan sistem yang ada di BPN.


“Tentu kedepannya akan terjadi kolaborasi antara Pemerintah Kota Probolinggo dan BPN dalam penyajian data pada sertipikat. Melalui Implementasi Sertipikat Elektronik pada layanan pertanahan ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam kepengurusan sertipikat hak atas tanah, baik dari segi efisiensi maupun administrasi,” ujar Asisten Madihah.


Implementasi Sertipikat Elektronik ini sesuai dengan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 3 Tahun 2023 tentang Penerbitan Dokumen Elektronik dalam Kegiatan Pendaftaran Tanah, sebagai langkah awal Kementerian untuk menerapkan Transformasi Digital Pelayanan Pertanahan.


Sugeng Muljosusanto, Kepala Kantor Pertanahan Kota Probolinggo, menjelaskan beberapa manfaat implementasi Sertipikat Elektronik di Kantor Pertanahan Probolinggo, antara lain memperbaiki kualitas informasi pertanahan, memperkuat keamanan sertipikat hak atas tanah, serta menghemat ruang penyimpanan arsip, buku tanah, dan surat ukur.


“Nantinya sertipikat elektronik akan terintegrasi dengan aplikasi SentuhTanahku yang dikembangkan oleh Kementerian ATR/BPN. Aplikasi ini menyediakan layanan pertanahan dalam kategori Pertanahan, Layanan, dan Informasi. Akun ini juga akan terintegrasi dengan NIK dan sertipikat elektronik,” jelas Sugeng.


Sugeng juga menambahkan bahwa Kantor Pertanahan Probolinggo telah memberikan sosialisasi kepada pegawai internal agar mereka bisa mengoperasikan aplikasi sertipikat elektronik, serta edukasi kepada stakeholder termasuk instansi vertikal dan masyarakat.


Arifin Siregar, Kepala Bidang Penataan dan Pemberdayaan Kanwil BPN Jatim, hadir untuk memberikan sambutan sekaligus meluncurkan Sertipikat Elektronik di Kota Probolinggo. Dalam sambutannya, Arifin menyampaikan bahwa terdapat 100 Kantor Pertanahan di seluruh Indonesia yang dipilih oleh Kementerian ATR/BPN untuk peluncuran ini, dan Kota Probolinggo termasuk di antaranya. 


Dengan peluncuran ini, diharapkan proses pengurusan sertipikat tanah di Kota Probolinggo menjadi lebih mudah, aman, dan efisien, membawa manfaat besar bagi masyarakat.

(SB)

Komentar

Tampilkan

  • Peluncuran Sertipikat Elektronik di Kota Probolinggo
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x