-->

iklan tengah artikel

no-style

Pastikan Kesehatan Hewan Kurban, DPKP Karawang Sebar Ratusan Petugas untuk Lakukan Pemeriksaan

Friday, June 7, 2024, 1:18:00 PM WIB Last Updated 2024-06-07T06:19:03Z

Karawang, Aesennews.com - 214 petugas disebar Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Karawang demi pastikan kesehatan hewan kurban, Siti Komalaningsih selaku Ketua Tim Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner mengatakan, 214 petugas tersebut terdiri dari 2 unsur  yakni, 192 orang petugas Kecamatan dan 22 orang petugas dari Kabupaten.

“214 petugas tersebut telah mendapatkan bimtek seputar pemilihan hewan qurban yang sesuai syariat Islam, pemeriksaan hingga pendataan,” kata Siti. Jumat, 7 Juni 2024.

Menurut Siti para petugas akan melakukan kegiatan pemeriksaan sesuai wilayah tempat tugas yang sudah di bagi dan pemeriksaannya sendiri, lanjut Siti, akan berlangsung mulai h-10 (Idul Adha) sampai tanggal 15 Juni mendatang. 

“Sore ini sebagian tingkat kecamatan udah mulai ke lapak-lapak,” ujarnya.

Ia juga menambahkan setelah pemeriksaan ke lapak-lapak hewan kurban, Para petugas akan melakukan pemeriksaan lanjutan, yakni pemeriksaan antemorten dan pemeriksaan posmortem.

“Tanggal 16 kita pemeriksaan antemorten, kita cek lagi 24 jam sebelum disembelih. Setelah disembelih ada pemeriksaan posmortem,” jelas Siti.

Siti mengklaim pihaknya menyediakan 12 ribu kalung sehat bagi hewan qurban yang telah diperiksa. Ia juga menghimbau kepada penjual, untuk segera melapor ke petugas setempat apabila belum hewan kurbannya belum ditandai kalung sehat.

“Himbauan bagi penjual baik di kandang maupun lapak, ketika hewan belum ditandai kalung sehat, segera melapor ke petugas setempat agar kita lakukan pemeriksaan,” tutupnya.(TM)
Komentar

Tampilkan

  • Pastikan Kesehatan Hewan Kurban, DPKP Karawang Sebar Ratusan Petugas untuk Lakukan Pemeriksaan
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x