-->

PJ Bupati Purwakarta

#'

no-style

Penguatan Keterampilan dan Skill Entrepreneurship bagi Difabel di Kota Probolinggo

Thursday, June 27, 2024, 11:13:00 AM WIB Last Updated 2024-06-27T04:13:55Z


AESENNEWS.COM Probolinggo -  Penguatan keterampilan dan skill entrepreneurship bagi masyarakat Kota Probolinggo, termasuk penyandang disabilitas, terus dilakukan. Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur berkolaborasi dengan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan, dan Perindustrian (DKUP) Kota Probolinggo menggelar pelatihan kewirausahaan bagi wirausaha pemula pembuatan keripik untuk komunitas difabel di Kanaya Ballroom, Senin (24/6).


Mewakili Penjabat Wali Kota Probolinggo, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Wawan Sugyantono mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk sinergitas, karena pelaku usaha disabilitas memiliki potensi besar untuk digali dan dikembangkan guna mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya di Kota Probolinggo.



“Selama ini, pelaku usaha disabilitas memiliki keterbatasan baik dalam usaha, peningkatan produksi, dan akses pemasaran. Kondisi ini tentu kurang ideal jika menengok agenda pembangunan berkelanjutan yang dibuat untuk menjawab berbagai tuntutan seperti mengatasi kemiskinan dan kesenjangan melalui keseimbangan dimensi ekonomi, sosial, dan budaya,” ujar Wawan saat membacakan sambutan Penjabat Wali Kota Probolinggo.


Keterbatasan ini, lanjutnya, bukan menjadi kendala utama, melainkan tantangan bagi pemerintah untuk mencarikan solusi dalam meningkatkan kesejahteraan pelaku disabilitas. Salah satunya melalui penguatan usaha pelaku disabilitas melalui pelatihan keterampilan usaha.


“Saya sangat mendukung materi pelatihan seperti ini. Pelatihan aneka keripik seperti keripik bayam dan potato memiliki bahan baku yang mudah didapat, teknologi pengolahannya sederhana, serta produknya disukai banyak orang. Saya berharap kegiatan ini tidak hanya fokus pada pelatihan pembuatan produk, tetapi juga pelatihan bagaimana mereka menentukan harga penjualan serta teknik pemasaran produk,” jelasnya.


Di hadapan 50 difabel, Wawan berharap materi-materi dalam pelatihan ini menjadi bekal bagi para disabilitas untuk terus berupaya dan berusaha menciptakan produk-produk UMKM berkualitas yang mensejahterakan masyarakat Kota Probolinggo.

(SB)

Komentar

Tampilkan

  • Penguatan Keterampilan dan Skill Entrepreneurship bagi Difabel di Kota Probolinggo
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x