-->

iklan tengah artikel

no-style

Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, AKBP James: Pancasila Harus Kita Jiwai dan Dipedomani

Saturday, June 1, 2024, 5:48:00 PM WIB Last Updated 2024-06-01T10:48:02Z


Tulang Bawang | Aesennews.com | Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini, harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Seluruh komponen bangsa bisa mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

"Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan dipedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia," kata Kapolres Tulang Bawang, Polda Lampung, AKBP James H Hutajulu, SIK, SH, MH, MIK, membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi, saat memimpin langsung Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Sabtu (01/06/2024), pukul 08.00 WIB, di lapangan Mapolres setempat.

Lanjutnya, selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia. 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila, ketika Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan untuk pertama kalinya memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

"Pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini, tema yang diusung adalah Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2024. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat," papar perwira peraih Adhi Makayasa Akpol 2004.

Kapolres mengajak, dalam momentum peringatan Hari Lahir Pancasila ini, mari kita bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia karena di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong," ujar perwira dengan melati dua dipundaknya.

AKBP James menambahkan, mari kita sama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, dan semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar Polres Tulang Bawang ini dihadiri oleh Wakapolres Tulang Bawang, Kompol M Kasyfi Mahardika, SIK, SH, MM, PJU Polres, Kapolsek Jajaran, Perwira Polres, personel Polres dan Polsek, serta ASN yang bekerja di Polres Tulang Bawang. 



Witter : Samsoni

Komentar

Tampilkan

  • Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, AKBP James: Pancasila Harus Kita Jiwai dan Dipedomani
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x