-->

iklan tengah artikel

no-style

Pemerintah Ingatkan Krisis Pangan, Kades Rulung Raya Prioritaskan Petani Tingkatkan Perekonomian

Aesennews Lampung
Thursday, August 11, 2022, 10:10:00 AM WIB Last Updated 2022-08-11T03:56:57Z

Aesennews.com, Lampung - Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia (HAM) yang dijamin di dalam UUD 1945.


Pentingnya menguatkan ketahanan pangan selain karena merupakan fondasi dan faktor pendukung bagi pembangunan sektor - sektor lainnya juga karena adanya ancaman krisis pangan dunia sebagai akibat dari fenomena perubahan iklim dan tren populasi penduduk dunia yang meningkat. 


Termasuk di Indonesia pemenuhan kebutuhan pangan nasional bagi lebih dari 270,2 juta penduduk perlu menjadi perhatian serius.


Salah satunya melalui Peraturan Presiden nomor 104 tahun 2021 tentang Rincian APBN TA 2022 disebutkan bahwa Dana Desa ditentukan penggunaannya untuk program ketahanan pangan dan hewani.


Melihat kondisi dipedesaan, pembangunan jalan sangat dibutuhkan untuk tranportasi petani dalam mengelola semua hasil pertaniannya. Dibutuhkan lalulintas yang layak dan memadai, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa. Hal ini yang membuat Kepala Desa  Rulung Raya Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan membangun jalan di 8 (delapan) dusun desanya.


Rabu, 10/8/2022 Kepala Desa (Kades) Rulung Raya Maryoto mengatakan, berkat dukungan semua warga, pihak pamong desa dari RT sampai staf desa, dirinya (Kades) siap lakukan pembangunan dengan tujuan peningkatan perekonomian masyarakat Desa Rulung Raya. Maryoto menjelaskan, pembangunan jalan di delapan dusunnya merupakan permintaan warga desa yang sudah dirembuk masing - masing dusun. Melalui prosedur, pertimbangan anggaran desa dan koordinasi dengan masyarakat yang dituangkan secara tertulis. Telah disepakati pembangunan 8 dusun yang ada di desa Rulung Raya, ucapnya.


Salah seorang masyarakat DN menyatakan, senang dengan program Kepala Desa Rulung Raya yang memikirkan kepentingan masyarakat dan membangun Desanya. Jalan yang dibangun sangat membantu dirinya untuk mengeluarkan hasil bumi berupa jagung dengan mudah. Hal senada juga diucapkan DA salah seorang warga desa yang mencari rumput untuk pakan ternaknya mengatakan, "jalan masuk ke kebon sekarang sudah jauh lebih baik, sehingga mempermudah proses hasil panen warga dan meningkatkan ekonomi petani. saya senang dengan program Kepala desa yang mengerti masyarakat kecil seperti saya".



(Putra-red)

Komentar

Tampilkan

  • Pemerintah Ingatkan Krisis Pangan, Kades Rulung Raya Prioritaskan Petani Tingkatkan Perekonomian
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x