-->

iklan tengah artikel

no-style

Penerapan Konsep TTG, Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Desa Tuakole

MAJALAHKRIPTANTUS.COM
Thursday, November 17, 2022, 5:32:00 PM WIB Last Updated 2022-11-17T10:32:34Z
Majalahkriptantus.com--Hadir pada program pelatihan Pembuatan Pakan Ternak yang di canangkan Pemerintah Desa Tuakole, Kec. Batu Putih, Kab.TTS. (17/11/22) 

Camat Batu Putih Drs AGUSTHINUS F.N.MALO, Kepala Desa Tuakole, NIKANOR PELLOKILA. Narasumber Team P2KTD, ALEX SEDA Amd.,Kep. Ketua TP PKK Kec. Batu Putih, Ny FONY MALO PATTY, Pendamping Kec.Ny LORY BIRE ST, Kasi Kesos Pelum, Kec. Batu Putih YANDRY S.SAH, SH. Kasi Pem Kec. Batu putih, Ny VIRA HERNIATI S.Kom. bersama Staf perangkat Desa Tokoh Masyarakat Tokoh Pemuda dan Tokoh Agama.

Kepala Desa Tuakole, NIKANOR PELLOKILA, mengatakan bahwa" Pelatihan ini bertujuan supaya kelompok kelompok peternakan masyarakat desa Tuakole dapat belajar proses pembuatan pakan ternak dari bahan bahan lokal, supaya bisa menghemat keuangan sekaligus bisa dapat meningkatkan ekonomi masyarakat desa melalui pakan ternak ini dan bisa meningkatkan kualitas dan mutu ternak. 

" Ini PERDANA " untuk masyarakat Desa Tuakole dari sejak Pemimpin Desa berganti Pemimpin belum pernah di adakan hal seperti ini". Tegas NIKANOR. 

Camat Batu Putih, Drs AGUSTHINUS F.N.MALO, juga menegaskan"untuk meningkatkan pengetahuan Aparat Desa dan masyarakat dalam pengelolaan pembuatan pakan ternak, dari pemanfaatan bahan bahan lokal ini sangat luar biasa, yang potensi nilai gisi untuk ternak tidak kalah jauh dengan pakan dari Toko. dan dapat berdampak positif, bernilai ekonomis untuk masyarakat di desa Tuakole, dan Sangat di harapkan juga untuk sedapat mungkin masyarakat desa Tuakole bisa berkembang dalam setiap program pemerintah sesuai dengan regulasi yang ada".Tegas Camat Agusthinus.

Kepada Media ini, Narasumber P2KTD ALEX SEDA Amd.,Kep. menuturkan bahwa"Kegiatan pembuatan pakan ini, mengutamakan bahan bahan lokal yang ada di desa, yang selama tidak di manfaatkan oleh masyarakat, padahal kandungan nilai gizinya cukup tinggi. bahan bahan tersebut berupa, BATANG PISANG, BATANG dan DAUN KELADI, JAGUNG MOL, PUTAK(pohon gewang), DEDAK PADI, TEPUNG IKAN, SAYUR HIJAU ,dll". 
Selebihnya ALEX SEDA, mengatakan"Pembuatan Pakan ini, sangat menghemat Waktu, Tenaga, karena tidak perlu di masak/di rebus, cukup di Fermentasi dengan DECOMPOSER BIO-XENZA yang kandungannya terdapat bakteri LACTOBACILLUS Sp yang cukup tinggi dari produk produk decomposer yang lain. Dalam waktu kurang lebih 3(tiga) hari bahan bahan ini, sudah dapat di sajikan ke ternak. Tutur, Alex.

Selanjutnya saat di konfirmasi secara live oleh media, Pedamping Kec Batu Putih, Ny LORY BIRE, ST, mengharapkan kelompok kelompok yang sudah di bentuk ini" bisa MANDIRI dan melanjutkan HASIL dari kegiatan Pelatihan ini, secara khusus dapat berkembang untuk semua masyarakat Desa Tuakole, terlebihnya juga untuk masyarakat TTS (Timor Tengah Selatan)".

Pantauan Media saat berada di lokasi, Tepatnya Desa Tuakole. Masyarakat (Tokoh Pemuda,Tokoh Agama, Tokoh masyarakat) begitu sangat antusias mengikuti kegiatan program pelatihan pembuatan pakan ternak dan masyarakat merindukan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan sumber pendapatan masyarakat secara ekonomi khususnya di bidang peternakan.

Perlu untuk di ketahui kegiatan ini bersumber dari Dana APBDes. 

Kaperwil NTT
Jacky T
Komentar

Tampilkan

  • Penerapan Konsep TTG, Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Desa Tuakole
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x