-->

iklan tengah artikel

no-style

Night Run 2023 Dandim Cup 0820 Diikuti Ribuan Peserta

Sunday, October 22, 2023, 5:36:00 PM WIB Last Updated 2023-10-22T10:36:31Z
AESENNEWS.COM Probolinggo -  Night Run 2023 yang diselenggarakan Kodim 0820 Probolinggo bekerja sama dengan KONI dan Pemerintah Kota Probolinggo sukses digelar, pada Sabtu (21/10). Ribuan peserta yang hadir malam itu, memperebutkan hadiah total Rp 45 juta untuk dua kategori, yakni pelajar dan umum. Mereka yang mendaftar ini ada yang berasal dari luar kota hingga Bali.

Sebelum melepas peserta yang diperkirakan berjumlah 1.125 orang itu, Dandim 0820 Letkol Arm Heri Budiasto didampingi Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin dan forkopimda berpesan agar peserta memperhatikan faktor keamanan. “Dan saya ingatkan bahwa yang paling utama adalah faktor keamanan. Ini baru pertama kali terselenggara di Kota Probolinggo dan saya sampaikan bahwa daerah-daerah lain sudah kontak saya akan mengadakan kegiatan serupa acara ini,” kata Dandim Heri.
Menurut Heri, indikator keberhasilan penyelenggaraan giat ini adalah faktor keamanan. “Kalau kita lihat jalan yang akan kita gunakan (sebagai trek lari) itu nanti ada gang-gang sempit, artinya bukan selebar ini tetapi yang memang sudah kita persiapkan penerangannya pun sudah kita maksimalkan. Namun dengan melihat animo yang sangat banyak, saya sekali lagi sampaikan perhatikan faktor keamanan masing-masing. Nanti di setiap sudut akan ada petugas yang akan mengawasi. Kalau misalkan nanti para peserta mengejar kecepatan lari dengan maksimal, nanti kalau ada hal yang membahayakan misalnya mungkin tersenggol oleh temannya, salah satu harus mau mengalah. Jangan terus harus dengan senggol kanan senggol kiri menimbulkan hal yang tidak dikehendaki,” jelas Heri.

Mengusung tema "Mlayu ing Bengi, Buruh Lem Malem", peserta yang mengikuti kategori pelajar akan menempuh jarak 3 kilometer. Sementara peserta yang mendaftar di kategori umum akan lari sejauh 5 kilometer. Diketahui rute yang ditempuh oleh peserta umum dimulai dari Kodim 0820 Jalan Panglima Sudirman-Jalan Soekarno Hatta-Jalan Supriyadi-Jalan Gubernur Suryo-Jalan Cokroaminoto-Jalan Pahlawan- dan finis kembali di depan Kodim 0820 Jalan Panglima Sudirman. Sedangkan untuk rute kategori pelajar, start dari Kodim 0820 Jalan Panglima Sudirman-Jalan Soekarno Hatta-Jalan Arif Rahman Hakim-Jalan Ir. Juanda-Jalan Pahlawan-Kodim 0820 Jalan Panglima Sudirman (finish).

Sementara itu Wali Kota Habib Hadi mengaku tak menduga waktu tempuh peserta begitu singkat. “Di luar dugaan saya, kalau menurut estimasi saya 20 menit, ini 10 menit sudah balik (finish),” terangnya sambil meminta kamera menunjukkan para peserta lari berusia sekira anak kelas 2 SD.

“Jadi anak-anak kecil yang dilihat itu luar biasa. Sehingga adanya kegiatan-kegiatan seperti ini sangat positif untuk memberikan ruang bagi anak-anak. Dan saya sampaikan ke Dandim, ke depan kita akan bikin lagi yang lebih besar dan tentunya kita evaluasi kekurangan-kekurangan apa yang ada. Dan alhamdulillah ini berjalan dengan lancar, anak kecil itu top, saya kalah,” sambungnya sambil tertawa.

Nurul (41) warga Gang Nakula Kanigaran itu mengaku datang ke lokasi lomba bersama anaknya yang masih berusia kelas 2 SD. Dia datang guna ikut memberikan support kepada teman anaknya. “Kebetulan ketemu sama temannya dia ikut, cewek, dia memang atlet panjat tebing. Ya semoga semakin banyak event, biar tambah rame,” harap ibu satu orang putri itu.
(SB)
Komentar

Tampilkan

  • Night Run 2023 Dandim Cup 0820 Diikuti Ribuan Peserta
  • 0

Terkini

.

Topik Populer

kiri kanan iklan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS

Iklan

Close x