Diskusikan urgensi mempertahankan AMDAL dan izin lingkungan sebagai upaya preventif perlindungan Lingkungan hidup di Indonesia! -->
  • Jelajahi

    Copyright © aesennews.com - Terarah Secara Aktual
    Best Viral Premium Blogger Templates
    Loading...

    dlm artikel

    hr

    kris

    Iklan

    Close Ads Here
    -->
    Close Ads Here
    -->

    Diskusikan urgensi mempertahankan AMDAL dan izin lingkungan sebagai upaya preventif perlindungan Lingkungan hidup di Indonesia!

    AESENNEWS.COM
    Monday, November 13, 2023, 5:28:00 PM WIB Last Updated 2023-11-13T10:28:21Z

    AESENNEWS.COM - Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya sistematis dan terpadu yang dilakukan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup.


    AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) dan izin lingkungan adalah dua hal yang sangat penting dalam upaya preventif perlindungan lingkungan hidup di Indonesia. AMDAL adalah sebuah studi yang dilakukan untuk mengevaluasi dampak lingkungan dari suatu proyek atau kegiatan yang akan dilakukan, sedangkan izin lingkungan adalah persetujuan yang diberikan oleh pemerintah untuk melakukan proyek atau kegiatan yang telah melalui proses AMDAL.

    Urgensi mempertahankan AMDAL dan izin lingkungan sebagai upaya preventif perlindungan lingkungan hidup di Indonesia sangatlah penting. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah, namun seringkali dimanfaatkan secara tidak bertanggung jawab. Dalam beberapa kasus, proyek atau kegiatan yang dilakukan tanpa melalui proses AMDAL dan izin lingkungan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan yang sangat parah, seperti kerusakan hutan, pencemaran air, dan kerusakan ekosistem laut.

    Dasar hukum dari AMDAL dan izin lingkungan di Indonesia adalah UU No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Pasal 1 ayat (21) UU tersebut mendefinisikan AMDAL sebagai "studi lingkungan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang dampak lingkungan dari suatu rencana kegiatan yang direncanakan dilaksanakan". Sementara itu, Pasal 9 ayat (1) UU tersebut menyatakan bahwa "setiap orang yang melakukan kegiatan yang dapat menimbulkan dampak lingkungan wajib melakukan AMDAL".

    Dalqm Pasal 10 ayat (1) UU tersebut juga menyatakan bahwa "setiap orang yang melakukan kegiatan yang dapat menimbulkan dampak lingkungan wajib memiliki izin lingkungan". Izin lingkungan ini diberikan setelah proses AMDAL selesai dilakukan dan hasilnya menunjukkan bahwa proyek atau kegiatan tersebut tidak akan menimbulkan dampak lingkungan yang signifikan.

    Namun kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh proyek atau kegiatan yang tidak melalui proses AMDAL dan izin lingkungan dapat berdampak jangka panjang dan merugikan banyak pihak. Oleh karena itu, mempertahankan AMDAL dan izin lingkungan sebagai upaya preventif perlindungan lingkungan hidup di Indonesia sangatlah penting.

    Berikut adalah urgensi mempertahankan AMDAL dan izin lingkungan sebagai upaya preventif perlindungan lingkungan hidup di Indonesia:

    1. Mencegah kerusakan lingkungan hidup

    AMDAL dan izin lingkungan bertujuan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup yang disebabkan oleh aktivitas manusia. Dengan adanya AMDAL dan izin lingkungan, pemerintah dapat mengendalikan perilaku masyarakat dan menanggulangi masalah lingkungan yang disebabkan oleh aktivitas manusia.

    2. Meningkatkan kesadaran lingkungan

    AMDAL dan izin lingkungan juga dapat meningkatkan kesadaran lingkungan masyarakat. Dalam proses pengajuan izin lingkungan, pemerintah mewajibkan pelaku usaha untuk menyertakan dokumen yang menjelaskan dampak lingkungan dari kegiatan yang akan dilakukan. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup.

    3. Meningkatkan partisipasi masyarakat

    AMDAL dan izin lingkungan juga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan lingkungan hidup. Dalam proses pengajuan izin lingkungan, pemerintah mewajibkan pelaku usaha untuk melibatkan masyarakat dalam proses konsultasi publik. Hal ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan lingkungan hidup.

    4. Meningkatkan efektivitas pengawasan

    AMDAL dan izin lingkungan juga dapat meningkatkan efektivitas pengawasan terhadap kegiatan yang berpotensi merusak lingkungan hidup. Dalam proses pengajuan izin lingkungan, pemerintah mewajibkan pelaku usaha untuk menyertakan rencana pengelolaan lingkungan yang harus dipatuhi selama kegiatan berlangsung. Hal ini dapat meningkatkan efektivitas pengawasan terhadap kegiatan yang berpotensi merusak lingkungan hidup.

    Sehingga Dalam hal ini, pemerintah juga memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan bahwa AMDAL dan izin lingkungan dilaksanakan dengan baik. Pemerintah harus memastikan bahwa proses AMDAL dan izin lingkungan dilakukan secara transparan dan objektif, serta memberikan sanksi yang tegas bagi pihak-pihak yang melanggar aturan tersebut.

    Maka dari itu kesimpulannya, AMDAL dan izin lingkungan adalah dua hal yang sangat penting dalam upaya preventif perlindungan lingkungan hidup di Indonesia. Dengan mempertahankan proses AMDAL dan izin lingkungan, diharapkan dapat mengurangi dampak negatif dari proyek atau kegiatan yang dilakukan, serta menjaga keberlanjutan sumber daya alam Indonesia untuk generasi yang akan datang.
    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini