Meniti Masa Depan Kota Probolinggo: Strategi Lingkungan Hidup dalam RPJMD 2025-2030 -->
  • Jelajahi

    Copyright © aesennews.com - Terarah Secara Aktual
    Best Viral Premium Blogger Templates

    available

    #'
    Loading...

    dlm artikel

    hr

    kris

    Iklan

    Close Ads Here
    -->
    Close Ads Here
    -->

    Meniti Masa Depan Kota Probolinggo: Strategi Lingkungan Hidup dalam RPJMD 2025-2030

    Saturday, November 25, 2023, 10:16:00 PM WIB Last Updated 2023-11-25T15:16:18Z
    AESENNEWS.COM Probolinggo -  Dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan berlandaskan pada UUD 1945 serta UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, pemerintah daerah, termasuk Kota Probolinggo, diwajibkan untuk menyusun Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). Ini merupakan langkah strategis untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan menjadi pondasi utama dalam pengembangan suatu wilayah.

    Dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo, kegiatan konsultasi publik KLHS Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Probolinggo tahun 2025-2030 menjadi sorotan pada Kamis (23/11) di Café Tenda BJBR. Dalam sambutan Wali Kota Probolinggo yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan, Slamet Swantoro, dijelaskan bahwa fokus penyusunan KLHS RPJMD ini terpusat pada pencapaian target SDG's (tujuan pembangunan berkelanjutan) dan integrasi kebijakan strategis pembangunan nasional.
    Menurut Slamet, dalam proses penyusunan RPJMD, pentingnya juga untuk menyusun KLHS RPJMD dengan merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2018. Hal ini menciptakan mekanisme yang terarah dalam pembuatan dan pelaksanaan KLHS dalam penyusunan RPJMD, memastikan bahwa isu prioritas dapat diidentifikasi dari data yang terkumpul.

    Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo, Retno Wandansari, menegaskan bahwa kegiatan ini bukan hanya sebagai sosialisasi arah kebijakan, tetapi juga sebagai forum untuk merumuskan KLHS RPJMD Kota Probolinggo tahun 2025-2030. Dalam upaya ini, partisipasi perangkat daerah terkait, LPM, perguruan tinggi, kelompok peduli lingkungan, dan perwakilan masyarakat diundang untuk memberikan masukan demi kemajuan Kota Probolinggo.

    Inilah langkah konkret yang diambil untuk memastikan bahwa pengembangan wilayah tidak hanya memenuhi kebutuhan saat ini, tetapi juga secara berkelanjutan untuk masa depan yang lebih baik.
    (SB)
    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini