Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil 426-01 Simpang Pematang Bantu Warga Peternak Kambing -->
  • Jelajahi

    Copyright © aesennews.com - Terarah Secara Aktual
    Best Viral Premium Blogger Templates

    available

    #'
    Loading...

    dlm artikel

    hr

    kris

    Iklan

    Close Ads Here
    -->
    Close Ads Here
    -->

    Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil 426-01 Simpang Pematang Bantu Warga Peternak Kambing

    Saturday, December 23, 2023, 6:05:00 PM WIB Last Updated 2023-12-23T13:13:51Z





    Tanjung Raya (Mesuji)  | AESENNEWS.COM  |


    Babinsa Koramil 426-01/SP, Kodim 0426 Tulang Bawang, Serka Sumarno membantu warga ternak Kambing bersama bapak Mardiyanto di Desa Bujung Buring, Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji, Sabtu 23 Desember 2023.



    Serka Sumarno sebagai Babinsa menuturkan sebagaimana diketahui, kambing merupakan hewan ternak yang memiliki nilai ekonomis. Dagingnya memiliki nilai jual yang lumayan tinggi terlebih pada musim lebaran Qurban.


    "Iya perawatan dan pemeliharaan kambing memang tidak mudah. Memelihara kambing memiliki banyak kemudahan karena di kampung masih banyak lahan kosong yang ditumbuhi rumput sebagai pakan namun pada musim kemarau seperti sekarang ini para peternak harus lebih giat mencari makanan alternatif guna mencukupi pakan utama yaitu rumput yang sudah pasti berkurang akibat di musim kemarau.


    Lebih lanjut Sumarno memberikan solusi dengan berbagi informasi tentang penambahan makanan konsentrat dan makanan fermentasi yang dapat disimpan serta mengandung nutrisi yang baik dan dibutuhkan oleh Tumbuh kembang kambing , selain itu juga menghimbau kepada pemilik ternak agar selalu menjaga kebersihan kandang agar kambing sehat dan bersih serta tidak menimbulkan bau kandang apalagi dekat dengan pemukiman warga,” tuturnya.


    Sedapat mungkin untuk Manfaat limbah kotoran kambing, limbah tersebut pun dapat digunakan untuk pupuk pertanian yang sangat baik bagi kesuburan tanah sehingga dapat membantu meningkatkan usaha pertanian,” terang Babinsa.


    Pada waktu sama iya sekaligus memberikan saran pada Bapak Mardiyanto agar memperhatikan pemberian minum air bersih dengan intensitas tertentu guna mengoptimalkan kebutuhan air bagi kambing itu sendiri.


    Pemberian minum sangat berpengaruh terhadap kambing ternak. Kambing yang cukup minum akan meningkatkan nafsu makan, sehingga cukup berpengaruh bagi pertumbuhan kambing ternak.


    Terkait dengan pemberian minum, Sumarno juga menambahkan bahwa perlu ditambah garam secukupnya kira-kira 200 gr/ekor di tiap bulannya, untuk mencukupi kebutuhan mineral bagi kambing ternak, Garam yang diberikan pada kambing ternak tidak boleh berlebihan agar tidak meracuni.


    Bapak Mardiyanto sebagai peternak Kambing menambahkan, hewan kambing sangat mudah diperjual belikan kepada agen maupun pasar, terlebih apabila kita memiliki ternak kambing yang kualitasnya sehat dan gemuk-gemuk,” Pungkasnya.


    Saya ucapkan terima kasih kepada Babinsa yang telah memberikan saran masukan serta motivasinya kepada kami, mudah-mudahan dengan kehadirannya Bapak Babinsa dapat memberikan semangat bagi kami peternak kambing,” tutupnya. (**)

    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini