-->

iklan tengah artikel

no-style

Transformasi Kependudukan ke Era Digital, Langkah Sukses Implementasi Program IKD Kabupaten Probolinggo

Wednesday, March 6, 2024, 10:04:00 PM WIB Last Updated 2024-03-06T15:04:45Z
AESENNEWS.COM Probolinggo - Semakin majunya zaman, semua telah beralih ke digital.Dengan canggihnya teknologi mengakibatkan segala aspek kehidupan bertranformasi ke dunia digitalisasi. Hal ini tidak menutup kemungkinan terhadap dokumen administrasi kependudukan. Dengan adanya digitalisasi mengakibatkan dampak positif dan negatif bermunculan dilingkungan masyarakat. Namun perbaikan tetap terus dilakukan agar dokumen penting negara tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Melalui forum komunikasi publik yang diadakan oleh Dispendukcapil Kabupaten Probolinggo, telah diadakan bimtek layanan Adminduk dan IKD ditiap tingkatan desa dan kecamatan agar Program Identitas Kependudukan Digital (IKD) berjalan lancar dan sukses.
Jamkeswatch Probolinggo Raya sebagai mitra Dispendukcapil diajak urun rembuk agar masyarakat Kabupaten Probolinggo memiliki Nomor Induk Kependudukan ( NIK ) agar bisa mendapatkan pelayanan publik lainnya.

Kadispenduk kabupaten Probolinggo, Munaris,S.Sos, mengatakan bahwasanya berdasarkan hasil rakornas Dukcapil seluruh Indonesia yang bertempat di Batam pada  tanggal 27 - 29 Februari membahas masalah IKD , mulai bulan Maret 2024 Dispendukcapil telah melakukan jemput bola bagi masyarakat yang memiliki KTP untuk aktivasi IKD dengan menyasar kaum siswa yang telah menempuh jenjang pendidikan SLTA.

" Sejak bulan Maret kemarin , Dispendukcapil telah melakukan jemput bola untuk aktivasi IKD bagi penduduk yang memiliki KTP dan menyasar siswa SLTA" , Kata Munaris saat dikonfirmasi, Rabu (05/04/2024).

Katanya lagi," Program IKD yang diadakan Dirjen Dukcapil di Batam pada tanggal 27 -29 Februari membahas tentang IKD ,maka Kami melakukan gerak cepat karena dibulan Juni 2024 diberlakukan IKD seluruh Indonesia".

" Untuk menyukseskan Program IKD, Kami telah melakukan Bimtek pada tiap kecamatan dan desa diseluruh Kabupaten Probolinggo dan Kami mengharap kerja samanya dengan Jamkeswatch yang selama ini telah membantu Kami agar masyarakat Probolinggo memiliki NIK ", Ujar Munaris.

Dengan adanya IKD, Semua data penduduk seluruh Indonesia terintegrasi menjadi satu kesatuan yang bisa mempermudah untuk layanan publik lainnya sehingga pelayanan menjadi mudah , cepat , dan tepat sesuai dengan harapan Kita semua.

Sekretaris Jamkeswatch Probolinggo, Alex Putra Wicaksana menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada Kadispenduk kabupaten Probolinggo yang telah mempercayai untuk diajak kerjasama menyukseskan program IKD yang dilakukan oleh pemerintah khususnya Dispendukcapil Kabupaten Probolinggo dengan mengatakan bahwa Kami siap membantu program pemerintah khususnya IKD karena memang memiliki banyak manfaatnya bagi masyarakat sehingga tidak lagi direpotkan dengan masalah administrasi". Ucapnya
(Bay*****)
Komentar

Tampilkan

  • Transformasi Kependudukan ke Era Digital, Langkah Sukses Implementasi Program IKD Kabupaten Probolinggo
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x