-->

iklan tengah artikel

no-style

Mudah, Cepat dan Praktis, Pengguna Mobil Listrik Pilih Gunakan SPKLU PLN Untuk Mengisi Daya Kendaraan Listrik

AESENNEWS.COM
Thursday, April 18, 2024, 7:54:00 AM WIB Last Updated 2024-04-18T00:54:09Z
AESENNEWS.COM, Pekanbaru, 16 April 2024 – Pengguna mobil listrik kini tak perlu khawatir dengan ketersediaan tempat pengisian daya mobil listrik pasalnya kini PLN telah mempersiapkan infrastruktur kelistrikan berupa Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 13 lokasi di Riau dan Kepulauan Riau. Upaya ini dilakukan PLN guna mendukung kenyamanan para pengguna mobil listrik pada Lebaran 2024.

Maresili Dwi Muti (26), salah satu pemudik yang menggunakan mobil listrik lebih memilih untuk melakukan pengisian daya listrik di SPKLU PLN yang berada di Kota Pekanbaru, Riau. 

“Selama ini meskipun bisa melakukan pengisian daya dirumah, saya lebih memilih menggunakan SPKLU PLN karena pengisian dayanya sudah lebih cepat dan praktis. SPKLU PLN ini mudah dicari, lokasinya dekat dari tempat tinggal kami. Begitu saya datang biasanya _security_ atau petugas langsung membantu saya untuk melakukan pengisian daya listrik,” ujar Muti.

Muti juga mengaku bahwa dirinya sering melakukan perjalanan keluar kota seperti dari Pekanbaru Riau menuju Padang Sumatera Barat dengan menggunakan mobil listrik.

“Sebelum berangkat biasanya saya mengisi baterai mobil listrik hingga full di SPKLU PLN. Saat memasuki wilayah di Sumatera Barat saya beristirahat sejenak dan melakukan pengisian daya kembali di SPKLU PLN. Saya lebih nyaman menggunakan SPKLU karena sudah memiliki fitur _fast charging_,” tambah Muti.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Riau & Kepulauan Riau, Parulian Noviandri menyampaikan, secara keseluruhan PLN telah mengoperasikan 13 titik lokasi SPKLU selama masa siaga mudik Lebaran 2024. Di jalur mudik ruas tol Pekanbaru - Dumai terdapat SPKLU direst area km 45, ruas tol Dumai – Pekanbaru direst area km 65, ruas tol Pekanbaru – Bangkinang direst area km 36 A dan diruas tol Bankinang - Pekanbaru direst area km 36 B.

Sedangkan diluar ruas tol, SPKLU telah tersedia di Kantor Gubernur Riau, Kantor PLN UID Riau & Kepulauan Riau, Kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekanbaru, Kantor UP3 Dumai, Kantor UP3 Rengat, UP3 Tanjung Pinang, Kantor Unit Layanan Pelanggan (ULP) Tanjung Pinang, ULP Tanjung Uban dan ULP Taluk Kuantan.

"Di setiap lokasi rest area SPKLU terdapat posko siaga PLN yang akan memberikan dukungan kepada pelanggan saat melakukan pengisian daya kendaraan listrik. Menyambut lonjakan pemudik yang menggunakan kendaraan listrik, PLN telah memastikan agar SPKLU yang terpasang di berbagai titik strategis dapat bekerja dengan lancar. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa pengguna kendaraan listrik dapat melakukan perjalanan mereka dengan lancar tanpa khawatir mengenai kebutuhan daya listrik," ujar Parulian.

Parulian menghimbau agar pengguna kendaraan listrik melakukan update Aplikasi PLN Mobile pada versi terbaru. Hal ini dikarenakan pada PLN Mobile telah terdapat fitur baru bernama _Trip Planner_. Fitur ini dirancang untuk membantu pengguna merencanakan perjalanan mereka dengan kendaraan listrik, khususnya dalam menemukan lokasi SPKLU terdekat dan mengoptimalkan rute perjalanan berdasarkan kebutuhan pengisian daya.

"Aplikasi PLN Mobile didesain untuk memberikan kemudahan dan dukungan kepada pengguna mobil listrik. beberapa kemudahan yang ditawarkan oleh PLN Mobile kepada pengguna mobil listrik antara lain informasi lokasi SPKLU, detail SPKLU, _trip planner_, informasi tarif, monitoring pengisian, dukungan pelanggan, transaksi dan pembayaran pengisian daya secara digitial," pungkasnya.
Komentar

Tampilkan

  • Mudah, Cepat dan Praktis, Pengguna Mobil Listrik Pilih Gunakan SPKLU PLN Untuk Mengisi Daya Kendaraan Listrik
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x