-->

iklan tengah artikel

no-style

Parade Bunga dan Budaya Surabaya: Sejarah Panjang Hari Jadi Surabaya

Monday, May 27, 2024, 7:34:00 PM WIB Last Updated 2024-05-27T12:35:03Z
AESENNEWS.COM, SURABAYA -Tsnggal  26 Mei 2024 — Kota Surabaya kembali merayakan hari jadinya yang ke-731 dengan kemeriahan dan semangat kebersamaan yang luar biasa. Sebagai puncak perayaan, Parade Bunga dan Budaya Surabaya menyuguhkan rangkaian acara spektakuler yang menampilkan kekayaan budaya dan sejarah panjang kota pahlawan ini.

Perayaan dimulai sejak pagi hari sekitar jam 10:00 WIB di Jalan Tunjungan yang ikonik, di mana ribuan warga dan wisatawan telah memadati jalan untuk menyaksikan pawai yang meriah. Barisan kendaraan hias yang dihiasi bunga-bunga indah berwarna-warni melintas dengan anggun, memamerkan kreativitas dan keterampilan para perajin lokal. Setiap kendaraan hias menggambarkan tema-tema bersejarah dan ikon-ikon penting kota Surabaya, mulai dari Jembatan Merah hingga Patung Sura dan Baya.

Parade ini tidak hanya menampilkan bunga-bunga cantik, tetapi juga beragam pertunjukan budaya dari berbagai komunitas yang ada di Surabaya. Kelompok kesenian tradisional seperti Reog Ponorogo, Tari Remo, dan Kesenian Ludruk turut memeriahkan acara dengan penampilan memukau yang menggambarkan kekayaan budaya Jawa Timur. Selain itu, ada juga penampilan dari komunitas Tionghoa dengan Barongsai dan Liong, yang menambah keragaman warna-warni parade.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya atas perjalanan panjang kota Surabaya yang penuh dengan sejarah heroik. "Parade Bunga dan Budaya ini adalah wujud rasa cinta dan bangga kita terhadap Surabaya. Melalui perayaan ini, kita mengenang perjuangan para pahlawan serta menghargai keberagaman dan kekayaan budaya yang ada di kota ini," ujarnya.

Tak hanya parade, perayaan Hari Jadi Surabaya ke-731 juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan lain seperti lomba-lomba tradisional, bazar kuliner khas Surabaya, serta pameran kerajinan tangan. Di malam harinya, pesta kembang api spektakuler menghiasi langit Surabaya, menutup rangkaian acara dengan penuh kemegahan.

Dengan semangat persatuan dan kebersamaan, perayaan Hari Jadi Surabaya tahun ini berhasil menghidupkan kembali ingatan kolektif masyarakat akan sejarah panjang dan nilai-nilai luhur kota Surabaya. Parade Bunga dan Budaya Surabaya tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga sarana edukasi yang mengajak masyarakat untuk terus mencintai dan melestarikan budaya serta sejarah kotanya. Selamat ulang tahun yang ke-731, Surabaya!


Bambang Tri Kasmara
Komentar

Tampilkan

  • Parade Bunga dan Budaya Surabaya: Sejarah Panjang Hari Jadi Surabaya
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x