-->

iklan tengah artikel

no-style

Tokoh Pemuda Fasitasi Karang Taruna Semidang Sakti Desa Darmo Mediasi Dengan Perusahaan Terkait Rekrutmen Tenaga Kerja

Monday, May 27, 2024, 9:18:00 PM WIB Last Updated 2024-05-27T14:18:28Z


Muara Enim | Aesennews.com | Karang Taruna Semidang Sakti Desa Darmo, undang 13 perusahaan yang beroperasi di wilayah Desa Darmo Kecamatan Lawang Kidul terkait rekrutmen tenaga untuk diprioritaskan tenaga lokal (Desa Darmo) dalam penerimaan tenaga kerja baik skill maupun non skill.

Disampaikan Ketua karang Taruna Semidang sakti Desa Darmo, Rozak Ariansyah, menindaklanjuti hasil mediasi dan telah sepakat dengan kesepakatan bersama pada mediasi ke-dua, namun sangat disayangkan tidak ada realisasinya.

Untuk itu, kata Rozak "hari ini dilakukan mediasi yang ketiga kalinya, kiranya akan ada keputusan yang diambil perwakilan dari 13 perusahaan untuk mencapai kesepakatan bersama, sebagai komitmen perusahaan harus direalisasikan secara konsisten," tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Camat Lawang Kidul Andrille Martin, SE, Kp menyampaikan sebagai penengah dari undangan untuk mediasi yang dilakukan karang Taruna Semidang sakti dengan pihak perusahaan yang beroperasi di wilayah Desa Darmo, semaksimalkan mungkin untuk dipenuhi terkait tuntutan rekrutmen tenaga kerja, sosial, pendidikan, wirausaha, karena karang Taruna punya program yang akan ditindak lanjuti dan dilaksanakan.

Lebih lanjut dikatakan Camat Lawang Kidul "berdasarkan aturan ketenagakerjaan, dimana perusahaan itu beroperasi, ada hak dan kewajiban, selain merekrut tenaga kerja lokal, juga, juga dana sosial untuk desa setempat, kemudian adanya dokumen AMDAL dan izin domisili," tuturnya.

Sementara kepala desa Darmo Ilwan utama mengungkapkan, untuk mediasi ini, harus ada kesepakatan bersama untuk ditindaklanjuti oleh perusahaan yang beroperasi di wilayah Desa Darmo.

Lebih lanjut dikatakan Ilwan utama"jika tidak ada kesepakatan bersama pada mediasi ketiga ini, tidak ada kesepakatan selanjutnya, izin beroperasi akan dicabut," tegas kepala desa dengan nada yang agak keras dan kesal.

Ditambahkan Kepala Desa Darmo, untuk penerimaan tenaga kerja, berapa jumlah tenaga, nanti akan diundi, agar lebih transparan siapapun yang namanya keluar, itukah yang diterima.

Kemudian dipaparkan Toher Ismed "bahwa karang Taruna Semidang sakti Desa Darmo, menekankan aspirasi pemuda mengajukan jatah tenaga kerja 70 persen, dan memintaj setiap perusahaan dapat bermitra usaha dgn pihak karang taruna namun belum ada respon dari perusahaan," jelasnya 

Setelah diambil keputusan dan diajukan Kepala Desa Darmo, dengan 40 persen untuk penerimaan tenaga kerja khusus Desa Darmo, dan jika pelamar tidak memenuhi syarat, maka calon tenaga kerja yang tidak memenuhi syarat, harus diganti dengan yang lain tetap dari Desa Darmo. Dan untuk kemitraan usaha di serahkan kepada pihak karang taruna.

Dalam hasil kesepakatan bersama antara Karang Taruna Semidang Sakti Desa Darmo dengan 15 perusahaan yang beroperasi di wilayah Desa Darmo yang dituangkan dalam berita acara bermaterai, ditandatangani masing masing perwakilan dari perusahaan dan Ketua Karang Taruna, diketahui Kepala Desa Darmo, antara lain :

1. Rekrutmen tenaga kerja baru untuk tenaga lokal 40 persen.

2. Untuk dana sosial setiap bulan Rp. 2.500.000 total untuk semua perusahaan yang beroperasi di Desa Darmo.

3. Pendidikan untuk bea siswa berprestasi

4. Kerjasama dalam bidang Wirausaha untuk karang Taruna Desa Darmo

5. Sedangkan untuk Humas desa, perusahaan akan berkoordinasi dengan Kepala Desa dan Ketua Karang Taruna Semidang sakti Desa Darmo setiap ada rekrutmen tenaga kerja atau lainnya sesuai kesepakatan.

6. Untuk pelatihan/training baik dari PT PAMA dan subkonnya serta PT SBS dan subkonnya agar mengajukan proposal.


Adapun daftar perusahaan yang beroperasi di wilayah Desa Darmo ada 25 perusahaan:

1. PT PAMA persada Nusantara, 2. PT SBS, 3. PT Madhani, 4. PT PDP, 5. PT AMU, 6. PT PBT, 7. SNUJ, 8. PT RIFANSI, 9. TRAKA, 10. SCU, 11. RICON ABADI, 12. SRIKANDI, 13. KASINDO, 14. JOYO BINANGIN, 15. PT GMK.


Dengan mediasi ke-tiga, diharapkan perusahaan mediasi hari ini, agar ke 13 perusahaan yang beroperasi

Komentar

Tampilkan

  • Tokoh Pemuda Fasitasi Karang Taruna Semidang Sakti Desa Darmo Mediasi Dengan Perusahaan Terkait Rekrutmen Tenaga Kerja
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x