-->

iklan tengah artikel

no-style

Viral "All EYES ON RAFAH" di Medsos, Berikut Penjelasannya

Thursday, May 30, 2024, 11:42:00 AM WIB Last Updated 2024-05-30T05:03:19Z

Aesennews.com - Viral unggahan warganet perihal " All Eyes on Rafah" di media sosial baru baru ini yang dalam penelusuran kami pada Kamis, (30/5/2024), kata kunci "All Eyes on Rafah" merajai trending topic platform X dengan total lebih dari 966.000 tweet. 

Dalam bahasa Indonesia sendiri All Eyes on Rafah artinya semua mata tertuju pada Rafah, sedangkan Rafah adalah sebuah kota di jalur Gaza selatan, Palestina, yang tengah dilanda peperangan. Banyak warga di kota itu mengungsi setelah diserang bertubi-tubi oleh Israel karna Rafah kini menjadi target utama agresi brutal militer Israel.

Ungkapan All Eyes on Rafah awalnya muncul dari Direktur Kantor Wilayah Pendudukan Palestina di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Rick Peeperkorn, pada Februari 2024 lalu. Peeperkorn menyerukan All Eyes on Rafah beberapa hari setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memerintahkan rencana evakuasi di kota tersebut, menjelang serangan dilancarkan Israel.
Netanyahu mengeklaim, Rafah adalah benteng pertahanan terakhir kelompok Hamas di Palestina.

Melansir dari Forbes, ungkapan ini juga dimaksudkan sebagai permintaan bagi para pengamat untuk tidak berpaling dari apa yang terjadi di kota Rafah—di mana sebanyak 1,4 juta orang berlindung setelah melarikan diri dari pertempuran sengit di tempat lain di Gaza—saat Israel terus melanjutkan serangannya meskipun terdapat banyak penduduk sipil. 

Ungkapan All Eyes on Rafah kemudian di gunakan sejumlah selebriti dan netizen dengan membagikan gambar teks yang berbunyi, All Eyes on Rafah.

Salah satu selebriti tersebut adalah model Palestina Bella Hadid, yang membagikan template All Eyes On Rafah ke Instagram Stories-nya. 
Adik Gigi Hadid ini menyertakan beberapa slide yang menunjukkan dampak tragis pengeboman Israel di Gaza, Bella juga membagikan sebuah postingan yang mengungkapkan kedekatannya dengan Palestina. Dia menyampaikan tentang pentingnya terus menampilkan budaya palestina di tengah kekacauan yang sedang berlangsung.

"Sejarah, kerja keras cinta, ketahanan dan, yang terpenting, seni bordir bersejarah Palestina. Dengan demikian ... ALL EYES ON RAFAH," tulisnya pada keterangan unggahannya dengan menggugah gaun Kiffiyeh karya Michael dan Hushi yang di buat pada 2021.

Selain Bella Hadid, selebriti dunia lainnya yang ikut menyuarakan 'All Eyes on Rafah' di antaranya adalah Susan Sarandon, pemain Bridgerton Nicola Coughlan, Mark Ruffalo, Jenna Ortega, Rosie O'Donnel, Kehlani, Melissa Barrera, dan pemain Grey's Anatomy, Giacomo Gianniotti dan tak lupa Organisasi Organisasi juga kelompok lobi seperti Save the Children, Oxfam, American for Justice in Palestine Action, Jewish Voice for Peace dan Palestine Solidarity Campaign juga mengulangi slogan tersebut, dan slogan tersebut telah digunakan sebagai seruan pada protes di Paris, London, Kota New York, Los Angeles, dan sekitarnya.

(TMA)
Komentar

Tampilkan

  • Viral "All EYES ON RAFAH" di Medsos, Berikut Penjelasannya
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x