-->

iklan tengah artikel

no-style

Balita di Bungursari Purwakarta Banyak Terjangkit ISPA

Thursday, May 30, 2024, 10:31:00 AM WIB Last Updated 2024-05-30T03:31:12Z

Purwakarta, Aesennews.com - Ratusan Balita di wilayah Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, diketahui terjangkit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

KASUBAG TU UPTD Puskesmas Bungursari Purwakarta, Lina mengatakan, berdasarkan data bulan April 2024 pihaknya mencatat Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) sebagai penyakit tertinggi di wilayah Kecamatan Bungursari, Purwakarta.

Berdasarkan data tersebut tercatat sebanyak 211 Balita di Kecamatan Bungursari yang terjangkit ISPA, kemudian disusul dengan penyakit lain seperti Hipertensi dan Dispepsia Maagh (DM).

"Ini data bulan April tertinggi adalah ISPA ada 211 orang dan itu penderitanya anak usia Balita. Kalau yang bulan ini belum ada datanya, biasanya nanti akhir bulan," ucap Lina, Kamis (30/05/24).

Lina menuturkan, adapun langkah-langkah yang pihaknya lakukan untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya hal tersebut adalah dengan melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap masyarakat. Pemeriksaan dilakukan baik itu saat di Posyandu maupun di kantor UPTD Puskesmas Bungursari.

"Kalau hasil pemeriksaan di Posyandu harus di periksa lebih lanjut, biasanya akan di periksa rutin disini," pungkas Lina.

Seperti kita ketahui ISPA merupakan infeksi akut yang menyerang satu komponen saluran pernapasan. Terutama pernapasan bagian atas meliputi hidung, sinus, faring, dan laring. Infeksi ini dapat menimbulkan sejumlah gejala mulai dari batuk, pilek, dan demam. 
Selain itu, gangguan pernapasan ini juga sangat mudah menular dan siapapun dapat mengalaminya khususnya anak-anak dan mereka yang berusia lanjut (lansia).
(TM)
Komentar

Tampilkan

  • Balita di Bungursari Purwakarta Banyak Terjangkit ISPA
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x