-->

PJ Bupati Purwakarta

#'

no-style

Sambut HKN ke-58, Dinkes Sumut Ajak Masyarakat Jadi Promotor Kesehatan

Aesennews Lampung
Friday, November 11, 2022, 9:11:00 PM WIB Last Updated 2022-11-11T14:11:01Z

Aesennews.com,  Lampung - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Dinkes Sumut) mengajak masyarakat menjadi promotor kesehatan. Terlebih, dalam menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, Kepala Dinkes Sumut, drg Ismail Lubis menegaskan bahwa HKN bukan hanya acara Dinkes, melainkan semua lapisan masyarakat.


“HKN ini bukan milik Dinkes Sumut saja, tapi semua elemen masyarakat. Jadi semua harus terlibat dalam promosi kesehatan,” kata Ismail, Kamis (10/11/2022) dalam temu pers di kantornya, Jln. HM. Yamin, Medan.


Dia menjelaskan, puncak peringatan HKN ke-58 ini akan digelar pada, Sabtu (12/10/2022) di Lapangan Astaka Pancing, Deli Serdang. Adapun tema peringatan HKN tahun ini, seperti dijelaskan Ismail, yakni ‘Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku’. 


“Peringatan HKN dilaksanakan di seluruh Indonesia yang dikomandoi oleh Menteri Kesehatan. Untuk itu melalui HKN ini, bantu kami, semua elemen masyarakat untuk mewujudkan kesehatan yang prima,” tutur Kadis.


Apalagi, walaupun dalam menyambut momentum HKN ini, Indonesia termasuk Provinsi Sumut masih dalam situasi pandemi Covid-19. Ismail menegaskan, HKN harus dijadikan momentum untuk lebih perkuat protokol kesehatan (prokes) baik secara institusional maupun secara orang per orang. Selain itu, ia juga mengimbau masyarakat agar segera melengkapi vaksinasi.


Seperti diketahui, terhitung Rabu (9/10/2022) kasus aktif mencapai 600 orang. Harapannya, melalui HKN ini, Covid-19 dapat segera diselesaikan. Ismail pun meminta masyarakat untuk jujur dengan keadaan kesehatannya.


“Kita harus jujur (dengan kesehatan kita). Kalau batuk pilek cek saja, jangan malu. Kemudian jangan takut untuk vaksin dan kita perkuat prokes,” ujarnya. 


Menyambut HKN ini juga Ismail menyebutkan bahwa saat ini Indonesia sedang menghadapi kasus gagal ginjal akut pada anak. Khususnya Sumut, hingga kini sudah ditemukan sebanyak 16 kasus, tiga di antaranya sembuh, satu dirawat dan 12 meninggal dunia.


“Kami terus bekerja untuk ini. Dengan kasus gagal ginjal, kami minta begitu sakit jangan mengambil tindakan pengobatan sendiri, tapi segeralah bawa ke fasilitas kesehatan (faskes) dan konsumsi obat sesuai resep dokter,” terangnya.


Salah satu upaya yang dilakukan Dinkes Sumut dalam penanganan gagal ginjal akut pada anak ini yaitu melakukan koordinasi termasuk membuat surat edaran ke Kabupaten/Kota. Dengan begitu juga Kabupaten/Kota pun turun ke apotek-apotek untuk melakukan pengawasan di wilayah kerjanya.


“Kalau ada kasus dicurigai, terutama demam, diare tiba-tiba dan urinenya tidak ada, segeralah ke faskes. Jadi kita berharap masyarakat untuk bisa saling mengingatkan, dengan keluarga maupun tetangga terkait metode pengobatannya ini,” tutup Ismail.


Seperti diberitahukan Ismail bahwa Dinkes Sumut akan melaksanakan puncak peringatan HKN ke-58 di Lapangan Astaka, Pancing, Deli Serdang pada Sabtu (12/11/2022). Acara tersebut dilaksanakan mulai pukul 6.30 hingga selesai. Pada acara tersebut juga ada pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat, ada vaksinasi booster, perlombaan hingga hadiah lawang dan hiburan (Robin).

Komentar

Tampilkan

  • Sambut HKN ke-58, Dinkes Sumut Ajak Masyarakat Jadi Promotor Kesehatan
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x