-->

KIRIKANAN DS

iklan tengah artikel

no-style

Bagaimana Anda menjelaskan perbedaan antara memo dan email?, 1. Imagine you are working in another city/overseas. Write an email to one of your family members stating how you are and that your contract almost ends so you will be back home soon.

AESENNEWS.COM
Friday, April 14, 2023, 9:46:00 PM WIB Last Updated 2023-04-14T14:57:08Z

AESENNEWS.COM - Sebelum saya menjawab pertanyaan satu dan dua alangkah baiknya kita harus memahami pengertian memo dan email agar memudahkan mendeteksi perbedaannya. Jadi dengan demikian memo adalah singakatan yang berasal dari memorandum, memo adalah sebuah tulisan yang berisikan pesan singkat yang digunakan dalam organisasi atau perorangan, memo dapat berisi bahasa yang formal maupun informal tergantung situsi pemakainya, jika digunakan oleh perusahaan maka akan bersifat formal. Dalam perusahaan memo biasanya dipakai oleh seorang direktur kepada karyawannya untuk memberitahukan sesuatu hal yang penting. Sedangakan email adalah sebuah surat yang bersifat elektronik, email sendiri berasal dari elektronik mail yang gunanya untuk mengirimkan sebuah surat yang ditujukan kepada alamat email yang dituju, email dapat diakses melalui smartphone dan komputer dan sifatnya harus online terkoneksi ke jaringan  internet. Jadi dari pemaparan diatas kita bisa mengetahui perbedaan dari memo dan email.

1.      Bagaimana Anda menjelaskan perbedaan antara memo dan email?

Perbedaan memo dan email :

a.      Memo :

Isi dari memo Cenderung lebih singkat.

Isi dari memo langsung kepada intinya.

Menjangkau atau ditujukan kepada banyak orang jika didalam perusahaan.

Sederhana dan mudah dipahami.

Digunakan untuk  satu perusahaan saja dan karyawan didalamnya.

Memo lebih bersifat satu arah dari direktur ke karyawan.

 

b.      Email

Biasanya isi dari email relatif lebih Panjang.

Isi dari email biasanya ditunjukan bisa lebih dari satu perusahaan.

Isi surat biasanya saling bertukar antara perusahaan satu dengan yang lainnya.

 

  1. Imagine you are working in another city/overseas. Write an email to one of your family members stating how you are and that your contract almost ends so you will be back home soon.

Dear Suci.

Hallo dear how are you ?. I hope you’re well.

 

I miss you somuch dear.

I want to tell you, My work contract in Singapore is almost over on October 22, 2022.

I will plan to return to Indonesia on October 25, 2022. Tomorrow I will start tidying up my things. And I've booked a plane ticket for October 25.

I will leave at 08:00 am from Singapore, from singapore it takes more than 1 hour 50 minutes, and arrive at the airport at 09.50 WIB. So Don’t worry!,  don't pick me up at the airport. Because because I will take a taxi.

 

 

 

Kesimpulan :

Email dan memo memang pada dasarnya memiliki karakteristik bahasa yang bisa formal dan informal, namun bahasa tersebut digunakan dalam kondisi tertentu. Memo bersifat formal jika digunakan dalam sebuah instansi atau perusahaan namun lebih singkat, begitupun juga dengan email bisa menggunakan formal atau informal dan lebih Panjang dari memo. Namun keduanya bisa saja digunakan menjadi informal jika digunakan untuk kepentingan non perusahaan, seperti mengirim email kepada orang dirumah, atau siapapun yang kita anggap keluarga dan teman.

Komentar

Tampilkan

  • Bagaimana Anda menjelaskan perbedaan antara memo dan email?, 1. Imagine you are working in another city/overseas. Write an email to one of your family members stating how you are and that your contract almost ends so you will be back home soon.
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Social Bar Adstera

layang kiri kanan

Iklan

Close x