-->

KIRIKANAN DS

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS

iklan tengah artikel

no-style

Cukup banyak masyarakat Indonesia yang masih mempertentangkan masuknya budaya modern di Indonesia, yang dianggap tidak atau kurang sesuai dengan budaya ketimuran Indonesia.

AESENNEWS.COM
Friday, April 14, 2023, 9:36:00 PM WIB Last Updated 2024-04-17T04:31:28Z

AESENNEWS.COM - Pada dasarnya manusia dan budaya memiliki hubungan yang sangat erat satu sama lain, dimana ada manusia disitulah adanya budaya, Jadi budaya ada karena manusia ada. Setiap negara didunia memiliki ragam budaya dan adat -istiadatnya masing-masing. Mengenal arti makna kata  Manusia itu sendiri berasal dari bahasa sagsakerta yaitu “manu” yang artinya berakal budi sehingga dapat berfikir dan membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik, sedangkan budaya berasal juga dari bahasa sangsakerta yaitu “budi” yang artinya akal dan perasaan. Tiap-tiap budaya didunia memang berbeda namun bukan berarti budaya tersebut bisa terus menerus dipertahankan justru budaya tersebut bisa saja hilang dan tergantikan dengan budaya baru yang diadopsi dari budaya negara lain contohnya budaya diindonesia bisa saja tergeser oleh perkembangan teknologi, yang biasanya anak-anak suka bermain lompat tinggi menggunakan karet, tapi sekarang sulit dijumpai karena tergeser oleh budaya lain seperti lebih suka pada anime, k-pop dll.

Merujuk pada pertanyaan Tutor di atas mengenai masih banyaknya masyarakat Indonesia yang masih mempertentangkan budaya modern yang masuk ke Indonesia. Menurut saya mengapa masih banyak terjadi hal demikian itu karena disebabkan oleh orang Indonesia masih memegang erat budaya lokal yang ada diindonesia yang sesuai dengan daerah nya.  Dan Indonesia masih selektif dalam memilah budaya modern yang masuk dari luar supaya tidak adanya dampak buruk dari budaya tersebut.

Adapun penyebab utama masyarakat Indonesia menolak masuknya budaya modern ke Indonesia adalah  karena budaya tersebut dinilai dapat mempengaruhi ke hal yang negative. padahal sisi lain ada juga juga budaya luar masuk ke Indonesia sifatnya positif, oleh karena itu kita harus pintar dalam memfilter dan memilah budaya yang sifatnya positif  saja.

Para golongan anak remaja (milenial) sangat berkontradiktif dengan Sebagian golongan masyarakat yang lebih tua yang masih memegang budaya nenek moyang/leluhur itu disebabkan karena para orangtua masih kurang terbuka akan budaya luar. 

Berikut ini adalah beberapa contoh kasus pertentangan budaya modern yang nyata diindonesia :

1.       Budaya memakai baju yang terbuka (sexy) yang sifatnya diindonesia kurang sopan, tapi di bagian negara lain budaya tersebut dianggap biasa saja. Itu  karena Indonesia dari dulu hingga saat ini diklaim sebagai salah satu menjungjung tinggi budaya ketimuran, itu Karena Indonesia Letaknya terletak dan berada di bagian Timur dunia, dan ini menjadikan budaya dan ciri khas  ketimuran menjadi identitas  pada masyarakat yang ada diindonesia. Walaupun Indonesia sebagai penganut budaya ketimuran tapi Sebagian anak remaja milenial banyak yang terpengaruh oleh budaya modern tersebut karena kemajuan teknologi dan kurangnya menanamkan kecintaan akan budaya sendiri. Inilah yang menjadi pertentangan utama budaya modern yang bertentangan dengan budaya Indonesia.

 

2.       Anak remaja lebih suka mendengarkan musik-musik dan lagu modern (barat) seperti Jazz, K-pop,  Rock, Metal dan sebagainya itu karena dinilai musik dan lagu tersebut lebih enak untuk didengarkan, padahal sebagian kita mungkin tidak tahu arti dari lagu tersebut, bisa saja arti dan makna lagu tersebut bersifat negative.

 

3.       Budaya modern saat ini ada yang mengijinkan pernikahan antara sesama jenis. Budaya timur memegang prinsip bahwa pernikahan itu harus berbeda jenis antara laki-laki dan perempuan, bukan sesama jenis. Tapi dibeberapa negara dengan budaya modern hal ini terjadi. Nah hal budaya seperti inilah yang harus disikapi serius oleh negara kita agar dapat mencegahnya dengan cara melakukan seminar (Sex Education) untuk anak-anak dan remaja.

 

Kesimpulan :

Menurut hemat kami Karena negara kita adalah negara yang sifatnya  menganut pada budaya ketimuran, karena budaya tersebut dinilai lebih sederhana, taat pada norma yang ada, sopan, memegang teguh norma agama, memegang teguh kebersamaan, dan mengedepankan perasaan, kita wajib menjaga dan melestarikan budaya asli kita. sebenarnya budaya luar tidak dapat dicegah masuk ke Indonesia apalagi berkembangkanya teknologi yang memudahkan budaya tersebut masuk, tapi kita dapat mengabil sikap untuk bisa memilah mana budaya yang sifatnya positive mana sifatnya yang negative, sifat negative kita buang tetapi sikap positive kita pakai dan itu tanpa mengesampingkan budaya asli Indonesia kita.

 


Komentar

Tampilkan

  • Cukup banyak masyarakat Indonesia yang masih mempertentangkan masuknya budaya modern di Indonesia, yang dianggap tidak atau kurang sesuai dengan budaya ketimuran Indonesia.
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Social Bar Adstera

layang kiri kanan

Iklan

Close x