-->

iklan tengah artikel

no-style

Meriahkan Hari Jadi ke-664 Kota Probolinggo, Anggota KORPRI Gelar Lomba MTQ KORPRI

Wednesday, September 20, 2023, 8:52:00 PM WIB Last Updated 2023-09-20T14:09:05Z
AESENNEWS Probolinggo - Dalam rangka merayakan Hari Jadi ke-664 Kota Probolinggo tahun 2023, Dewan Pengurus KORPRI Kota Probolinggo menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) KORPRI. Lomba ini diikuti oleh anggota KORPRI yang mewakili Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo pada Rabu (20/9). 

Berbagai cabang lomba diperlombakan dalam acara ini, termasuk lomba adzan dengan 30 peserta, lomba doa putra dan putri dengan 20 peserta, lomba tartil Al-Qur’an putra dan putri dengan 31 peserta, yang dilaksanakan di Kantor Wali Kota Probolinggo. Selain itu, ada juga lomba dakwah Al-Quran putra dan putri dengan 16 peserta, yang berlangsung di Masjid Al Hidayah KODIM 0820.
Salah satu juri lomba adzan, Abdul Manaf dari LPTQ Kota Probolinggo, menjelaskan bahwa penilaian lomba adzan melibatkan aspek tajwid, kesesuaian dengan kaidah-kaidah tajwid, suara, dan lagu. Setiap peserta yang tampil diberikan waktu sekitar 5-7 menit untuk mempersembahkan adzan dengan baik.

Pembina tahfidz LPTQ Kota Probolinggo, Nanang Qosim, yang juga menjadi juri lomba adzan, berharap agar para peserta tetap istiqomah dalam menyebarkan ayat suci Al-Qur'an, salah satunya melalui adzan. Dia mengatakan, "Kami berharap para peserta yang ikut bisa istiqomah, bisa adzan di masjid atau musala di sekitar rumahnya dan ikut shalat berjamaah juga."

Samsul Huda, pengurus LPTQ Kota Probolinggo dan juri pada lomba tartil Al-Qur’an putra dan putri, menjelaskan bahwa penilaian dalam lomba ini berfokus pada tajwid, fashohah, suara, dan lagu. Peserta diberi kebebasan untuk memilih maqra (daftar ayat) yang akan dibacakan, karena mereka berada di bawah standar MTQ pada umumnya. Ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk menunjukkan keunikan dan kelebihan mereka.

Salah satu peserta lomba dakwah bernama Abdul Qodir dari SDN Mayangan 1 telah mempersiapkan materi lomba ini selama dua hari sebelumnya. Karena sering menjadi penceramah dalam berbagai acara, dia tidak merasa grogi. Abdul Qodir memilih tema tentang keharmonisan dalam keluarga sebagai basis ketahanan nasional dalam presentasinya.

Di tempat lain, juga ada lomba khotbah Jum'at yang berlangsung di Kantor Kesejahteraan Rakyat (Kesra). Peserta sudah berkumpul sejak pagi dan siap tampil dengan tema masing-masing. Salah satu peserta, Eko Prasetyo, karyawan Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD), memilih tema "Menjaga Amanat" untuk khotbahnya.
(SB)
Komentar

Tampilkan

  • Meriahkan Hari Jadi ke-664 Kota Probolinggo, Anggota KORPRI Gelar Lomba MTQ KORPRI
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x