-->

iklan tengah artikel

no-style

Beragam Kesenian Menutup Peringatan Hari Santri Nasional ke-IX

Tuesday, October 31, 2023, 11:36:00 AM WIB Last Updated 2023-10-31T04:36:47Z
AESENNEWS.COM Probolinggo -  Rangkaian Hari Santri Nasional 2023 yang diselenggarakan Pemerintah Kota Probolinggo berakhir sudah. Seremonial penutupan dilaksanakan pada Minggu (29/10) malam dimeriahkan beberapa tampilan kesenian dari para santri dan tampilan spesial Musik Gambus Assafir asli Kota Probolinggo.

Dihadiri oleh Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin dan segenap perwakilan Forkopimda setempat, turut hadir sekretaris daerah dan para asisten, staf ahli, berserta kepala perangkat daerah se-Kota Probolinggo.
Habib Hadi menuturkan event pameran pondok pesantren berbasis pariwisata merupakan media edukasi, promosi maupun literasi yang memperkuat pilar pembangunan pariwisata. Di mana tujuan utama pelaksanaannya diharapkan mampu memberikan spirit untuk mengeksplorasi berbagai aspek di lingkungan pondok pesantren. "Sehingga pondok pesantren mampu menjadi ujung tombak bagi inovasi pengembangan destinasi pariwisata, khususnya destinasi wisata religi di Kota Probolinggo," jelasnya.

Hal itu sesuai dengan Undang-Undang no 18 tahun 2019 yang menempatkan pesantren pada posisi strategis sebagai lembaga pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat. Pesantren pun diharapkan menjadi pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengembangan bidang keuangan. Seperti bank wakaf mikro, BMT, maupun ultra mikro lainnya. Usaha ini menjadi pendukung pesantren untuk mengembangkan usaha di bidang perdagangan, perikanan, pariwisata, dan pertanian. Di bidang pertanian sendiri ada sayur-sayuran dan juga buah-buahan yang hasilnya bahkan ada yang sudah diekspor.

“Selain itu event pameran pondok pesantren berbasis pariwisata juga berfungsi untuk memperluas manajemen di berbagai sektor agar mampu meningkatkan daya saing dan juga pemberian penghargaan bagi para santriwan-santriwati yang memiliki talenta. Sehingga event ini mampu menginisiasi sebuah kegiatan ringan yang produktif untuk membangkitkan kreatifitas para santri dan turut berperan serta dalam membangun pariwisata daerah,” jelasnya.

Orang nomor satu Kota Probolinggo tersebut berharap rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Santri ke IX mampu menjadi motivasi dan inspirasi untuk bersama-sama, bersinergi dan berkolaborasi ikut serta berperan dalam pembangunan Kota Probolinggo yang Hebat dan Handal.
(SB)
Komentar

Tampilkan

  • Beragam Kesenian Menutup Peringatan Hari Santri Nasional ke-IX
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x