-->

iklan tengah artikel

no-style

Jelaskanlah mengenai hubungan pemerintah pusat dan daerah pada negara dengan susunan kesatuan, federal, dan konfederal?

AESENNEWS.COM
Monday, October 16, 2023, 8:27:00 AM WIB Last Updated 2023-10-16T01:27:26Z
AESENNEWS.COM, Hubungan antara pemerintah pusat dan daerah dapat berbeda-beda tergantung pada susunan kekuasaan negara. Berikut adalah penjelasan mengenai hubungan pemerintah pusat dan daerah pada negara dengan susunan kesatuan, federal, dan konfederal:

1. Negara dengan susunan kesatuan
Pada negara dengan susunan kesatuan, pemerintah pusat memiliki kekuasaan yang lebih besar dibandingkan dengan pemerintah daerah. Pemerintah pusat memiliki wewenang untuk membuat kebijakan dan peraturan yang berlaku di seluruh wilayah negara, sedangkan pemerintah daerah hanya memiliki wewenang untuk melaksanakan kebijakan dan peraturan yang dibuat oleh pemerintah pusat. Namun, pemerintah daerah juga memiliki kewenangan untuk membuat kebijakan dan peraturan yang berlaku di wilayahnya sendiri, selama tidak bertentangan dengan kebijakan dan peraturan yang dibuat oleh pemerintah pusat.

2. Negara dengan susunan federal
Pada negara dengan susunan federal, pemerintah pusat dan pemerintah daerah memiliki kekuasaan yang sama besar. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah memiliki kewenangan untuk membuat kebijakan dan peraturan yang berlaku di wilayahnya masing-masing. Namun, kebijakan dan peraturan yang dibuat oleh pemerintah pusat memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan dengan kebijakan dan peraturan yang dibuat oleh pemerintah daerah.

3. Negara dengan susunan konfederal
Pada negara dengan susunan konfederal, pemerintah daerah memiliki kekuasaan yang lebih besar dibandingkan dengan pemerintah pusat. Pemerintah daerah memiliki kewenangan untuk membuat kebijakan dan peraturan yang berlaku di wilayahnya masing-masing, sedangkan pemerintah pusat hanya memiliki kewenangan untuk mengkoordinasikan kebijakan dan peraturan yang dibuat oleh pemerintah daerah. Kebijakan dan peraturan yang dibuat oleh pemerintah daerah memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan dengan kebijakan dan peraturan yang dibuat oleh pemerintah pusat.

Dari beberapa sumber yang saya temukan, dapat disimpulkan bahwa hubungan antara pemerintah pusat dan daerah dapat berbeda-beda tergantung pada susunan kekuasaan negara. Pada negara dengan susunan kesatuan, pemerintah pusat memiliki kekuasaan yang lebih besar dibandingkan dengan pemerintah daerah. Pada negara dengan susunan federal, pemerintah pusat dan pemerintah daerah memiliki kekuasaan yang sama besar. Sedangkan pada negara dengan susunan konfederal, pemerintah daerah memiliki kekuasaan yang lebih besar dibandingkan dengan pemerintah pusat.
Komentar

Tampilkan

  • Jelaskanlah mengenai hubungan pemerintah pusat dan daerah pada negara dengan susunan kesatuan, federal, dan konfederal?
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x