-->

iklan tengah artikel

no-style

Inovasi Mesjid Ramah Anak Hadirkan Progam Kartu Tokoh Islam Absen Digital Ala Mesjid Al-Marjan Depok

AESENNEWS.COM
Monday, April 1, 2024, 2:49:00 PM WIB Last Updated 2024-04-01T07:49:29Z
AESENNEWS.COM, Kota Depok - Panitia Ramadan Masjid Al Marjan di Perumahan Permata Depok Regency, Kelurahan Ratujaya, Cipayung, Depok menghadirkan inovasi baru dalam program masjid ramah anak. Pada Salat Tarawih, mereka memperkenalkan program Kartu Tokoh Islam Absen Digital.


Program Kartu Tokoh Islam Absen Digital ini bertujuan untuk memotivasi anak-anak untuk datang ke masjid dan mengenal tokoh-tokoh Islam. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Panitia Ramadan Masjid Al Marjan, Cucun Mansur, dalam penjelasannya pada Jumat malam, 29 Maret 2024.


Selain sebagai sarana pendidikan keagamaan, program ini juga dimaksudkan untuk memakmurkan masjid dan menumbuhkan cinta pada ibadah di kalangan anak-anak. Cucun menjelaskan bahwa kehadiran program ini merupakan yang pertama kali di Indonesia dan berhasil menarik perhatian anak-anak, dengan 180 anak yang mendaftar.


Dukungan dari pihak berwenang setempat Camat Cipayung Depok dan Lurah Ratujaya, turut merespon positif implementasi program ini. “Kami sangat mendukung penuh terhadap upaya-upaya yang dilakukan BPH Masjid Al Marjan dalam menciptakan lingkungan Masjid yang ramah dan mendukung perkembangan pendidikan keagamaan anak-anak melalui Program Inovatif dan kreatif seperti ini” ujar Camat Cipayung Kota Depok, Hasan Nurdin, di tengah riuhnya anak-anak yang sedang antri absen setelah tarawih di Masjid Al Marjan jumat malam lalu.


Program ini tidak hanya mencakup absensi digital, tetapi juga menawarkan reward bagi anak-anak yang aktif hadir. Ini termasuk pemberian souvenir dan challenge harian yang memberikan kartu tambahan kepada mereka yang menjawab pertanyaan dengan benar.


Sebagai bukti kesuksesan program ini, tingkat kehadiran anak-anak saat Salat Tarawih terus meningkat dari waktu ke waktu. Pada tahun 2024, mencapai rekor tertinggi dengan 186 anak yang terdaftar, menunjukkan antusiasme yang semakin besar dari generasi muda terhadap kegiatan keagamaan di masjid.


Sedangkan Lurah Ratu Jaya Depok, Bambang Sugiharto juga menyampaikan, “Melalui program ini, masjid Al Marjan, tidak hanya berhasil meningkatkan kehadiran anak-anak, tetapi juga memberikan mereka pengalaman yang menyenangkan dan edukatif dalam menjalankan ibadah tarawih di bulan suci Ramadan”.
Selain memperkaya pengalaman keagamaan anak-anak serta memakmurkan masjid, terutama di bulan suci Ramadan, momen ini penting bagi anak-anak untuk tumbuh dalam cinta terhadap masjid dan ibadahnya dengan harapan anak-anak dapat memahami agama Islam serta mempererat ikatan mereka dengan masjid sebagai pusat kegiatan keagamaan dan sosial masyarakat di lingkungan sekitar Al Marjan, Permata Depok Regency. (Yusd)

Editor Romo Kefas 
Komentar

Tampilkan

  • Inovasi Mesjid Ramah Anak Hadirkan Progam Kartu Tokoh Islam Absen Digital Ala Mesjid Al-Marjan Depok
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x