-->

KIRIKANAN DS

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS

iklan tengah artikel

no-style

Jelaskan pendapat saudara mengenai definisi hukum serta jelaskan pendapat saudara mengenai kedudukan masyarakat dalam suatu sistem hukum?

MAJALAHKRIPTANTUS.COM
Friday, October 6, 2023, 12:01:00 PM WIB Last Updated 2023-10-06T05:01:30Z

AESENNEWS.COM - DEFINISI HUKUMBeberapa juris telah membuat definisi hukum berdasarkan aliran atau paham yang dianutnya (Achmad Ali) sebagai berikut:

1. Paham Hukum Alam
2. Paham Antropologis
3. Paham Historis
4. Paham Positivis dan Dogmatif
5. Paham Sosiologis
6. Paham Realis

"Hukum memang pada hakikatnya adalah sesuatu yang abstrak, yang meskipun dalam manifestasinya bisa berwujud konkrit. Olehnya itu pertanyaan tentang apakah hukum, senantiasa merupakan pertanyaan yang jawabannya tidak mungkin satu. Dengan lain perkataan, persepsi orang tentang hukum itu beraneka ragam, tergantung dari sudut mana mereka memandangnya" (Achmad Ali)

Secara umum, hukum dapat didefinisikan sebagai himpunan peraturan yang dibuat oleh yang berwenang dengan tujuan untuk mengatur tata kehidupan bermasyarakat yang mempunyai ciri memerintah dan melarang serta mempunyai sifat memaksa dengan menjatuhkan sanksi hukuman bagi mereka yang melanggar.


KEDUDUKAN MASYARAKAT DALAM SUATU SISTEM HUKUM
Masyarakat dan hukum adalah dua entitas yang tidak bisa dipisahkan. Dalam ilmu hukum, terdapat adagium yang terkenal, yaitu "Ubi societas ibi ius" (dimana ada masyarakat disitu ada hukum). Marcus Tullius Cicero (106-43 SM)
Hukum tidak bisa dipisahkan dari masyarakat. Karena hukum itu membutuhkan masyarakat dan masyarakat membutuhkan hukum.
Kedamaian dan keadilan dari masyarakat hanya bisa dicapai apabila tatanan hukum telah terbukti mendatangkan keadilan dan dapat berfungsi dengan efektif.
Bagi hukum, masyarakat merupakan sumber daya yang memberi hidup dan menggerakkan hukum tersebut. Masyarakat menghidupi hukum dengan nilai-nilai, gagasan, dan konsep. Masyarakat juga menghidupi hukum dengan cara menyumbangkan masyarakat untuk menjalankan hukum.
Hukum tidak dibuat melainkan tumbuh dan berkembang bersama sama dengan masyarakat.
Komentar

Tampilkan

  • Jelaskan pendapat saudara mengenai definisi hukum serta jelaskan pendapat saudara mengenai kedudukan masyarakat dalam suatu sistem hukum?
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Social Bar Adstera

layang kiri kanan

Iklan

Close x